Kamis, September 27, 2012

Berharap Puskesmas Lebih Dekat dan Siaga

Sebelumnya saya pernah menulis artikel yang berjudul "Puskesmas Ada Di Mana Ya?" yang mengulas pengalaman seorang blogger dengan nama beken PNS Gila yang berobat ke puskesmas menuruti saran bokap & nyokapnya.

Dan saat ini saya hanya menegaskan harapan yang juga sempat saya singgung pada artikel tersebut, yaitu "berharap puskesmas lebih dekat" namun demikian saait saya menambahkan kata "siaga" untuk melengkapinya.

Kali ini kembali menulis topik ini, tergerak oleh ungkapan "janji" pada kampanye yang dilancarkan oleh pemenang Pilkada Gubernur Provinsi DKI Jakarta (sementara berdasarkan hasil Quick-Count) Jokowi - Ahok. Yaitu pelayanan kesehatan untuk masyarakat.



Rencana itu sangat baik, namun rasanya tidak ada salahnya bila ada penambahan sumbangan pemikiran agar nantinya pelayanan kesehatan kepada masyarakat dapat lebih optimal.

Sudah sama-sama kita ketahui kalau Jakarta adalah kota yang sangat padat penduduk, hal tersebutlah yang mendasari pemikiran harapan saya akan perlunya ketersediaan layanan kesehatan masyarakat atau yang dimaksud dalam hal ini adalah Puskesmas yang lebih dekat.

Harapan ini bukan tanpa alasan. Layanan yang lebih dekat ini dimaksudkan tidak sekedar untuk menyediakan pada lokasi yang lebih terjangkau, namun dengan layanan yang lebih dekat berarti menambah jumlah Puskesmas dan akan secara langsung menambah kapasitas layanan kepada penduduk Jakarta yang begitu banyak. Jika saat ini setiap kecamatan memiliki satu atau dua puskesmas, harapannya pada setiap kelurahan minimal memiliki satu puskesmas untuk melayani masyarakat.

Dan yang dimaksud dalam hal pelayanan Siaga, dalam hal ini adalah meningkatkan mutu layanan dan bila diperlukan menambah jam layanan hingga malam hari atau pada tempat-tempat tertentu mungkin bisa 24 jam. Karena kita tahu bahwa datangnya sakit tentu tidak pernah direncanakan, dan bilamana tersedianya Puskesmas yang Siaga, untuk penyakit atau keluhan kesehatan pada tingkatan tertentu masih ditangani secara lebih cepat pada lokasi yang dekat.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...