Senin, Mei 21, 2012

Puskesmas Ada Di Mana Ya?

www.jakarta.go.id
Kesehatan sudah pasti menjadi kebutuhan setiap orang, ketika sesorang itu jatuh sakit tentu ia akan berusaha mencari tempat untuk berTOBAT, ups... tempat berOBAT maksudnya!!! Tapi kalo emang ngerasa punya banyak dosa sih enggak ada salahnya loe berOBAT dan berTOBAT secara bersamaan.... :)

Bicara soal berobat ke mana kira-kira lo pergi? Jawabnya hampir dapat dipastikan : ke Dokter atau Klinik. Gue yakin pasti enggak banyak yang jawab Puskesmas. Ya termasuk gue juga sih . . .

"Loh emangnya salah kalo sakit terus pergi ke ke Dokter atau Klinik ? . . . . ."

Ya enggak juga sih, cuma sebenarnya Pemerintah itu sudah menyedia Puskesmas sebagai fasilitas kesehatan untuk warganya sejak jaman baheula . . . entah kenapa (menurut gue Puskesmas) tidak begitu populer di mata masyarakat khususnya di Jakarta ini, (bila dibandingkan dengan Dokter -yang membuka praktek sendiri atau Klinik, apa lagi sekarang banyak juga klinik yang beroperasi 24 jam).

Setelah berkunjung ke blog PNS Gila gue baru tau kalo berobat di Puskemas itu murah banget. Cukup membayar biaya administrasi 3 ribu rupiah kita bisa mendapat pelayanan dokter umum dan obat-obatan secara GRATIS....!!! Dan enggak perlu ragu sama kualitas obat-obatnya.

Untuk pelayanan dokter gigi biayanya juga sangat murah, misalnya, bersihin karang gigi, cukup 10 ribu. Tambal gigi, mulai dari harga 15 ribu hingga yang berharga 30 ribu. Harga-harga tersebut pastinya lebih murah dari klinik-klinik yang lain. Apalagi kalo kita punya Askes, wesss… bisa-bisa malah gak bayar sama sekali alias GRATIS!!!

Namun pelayanan Puskesmas bukan berarti tanpa kekurangan . . . . dari tulisan dalam blog PNS Gila tersebut memang  pelayanan Puskemas masih ada yang harus diperbaiki, diantaranyaadalah masalah antrian yang membuatnya harus menunggu sejam lebih agar bisa dilayani, dengan ruang tunggu tidak memadainya. Karena Puskesmas, tidak seberapa luas tempatnya, apalagi kalo lagi padat-padatnya pasien. Udah campur-campur deh yang sakit mencret ama yang sakit korengan. Hahahahaha..... bisalah untuk melatih kesabaran....

Akan tetapi melihat dari catatan PNS Gila tersebut tidak dapat dipungkiri bahwa potensi Puskesmas sebagai tepat untuk melayani kesehatan masyarakat sangat diperlukan dan memberikan manfaat bagi masyarakat.. Karenanya pelayanan puskesmas perlu ditingkatkan lagi.... tapi enggak perlu dipindah tingkat ke lantai 12 atau kelantai 13, apa lagi kalo liftnya mati, nanti pasiennya malah enggak nyampe.... lohhh....???

Penduduk Jakarta yang sudah semakin padat, ditambah lagi dengan kondisi lalu-lintas yang semakin macet... rasanya sudah saat untuk lebih mendekatkan Puskesmas kepada masyakarakat misalnya dengan menambah jumlah Puskesmas.... Jika saat ini setiap Kecamatan memiliki satu atau dua Puskesmas, mungkin sudah saat meningkat menjadi setiap kelurahan memiliki satu Puskesmas (atau bahkan perlu lebih dari satu puskesmas per kelurahan). Dan tentunya standar pelanyanan juga perlu diperhatikan pada setiap unitnya.

Sehingga orang-orang yang tadinya tidak pernah ke Puskesmas karena lokasinya yang bisa dikatagorikan "jauh" untuk ditempuh dari rumahnya (seperti gue ini.... hadeuuhh!!!... ternyata yang nulis juga udah lama ga ke Puskesmas) bisa mendapatkan pelayanan Puskesmas secara lebih dekat dan berkualitas.

1 komentar:

Airlangga Satriadi mengatakan...

Teirma kasih atas informasi yang sudah disampaikan sangat menarik !
ditunggu ja kunjungan baliknya !
Cara Mengobati Kanker Payudara

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...