Kamis, September 13, 2012

Sampah Kita Tanggung Jawab Siapa?

sampah dalam saluran kecil
di wilayah Kecamatan Batu Ampar Jakarta Timur -detik.com
Sampah yang berserakan di area publik, seperti di jalan raya, sungai, terminal, pasar dan tempat-tempat publik lainnya untuk saat ini sepertinya menjadi pemandangan yang "biasa" bagi masyarakat.

Disadari atau tidak sampah-sampah tersebut awalnya adalah hasil buangan dari individu-individu (yang kurang/tidak memperhatikan akan pentingnya kebersihan lingkungan ; katakanlah "individu x").

Namun ketika sampah itu memakin menumpuk, dan mengurangi rasa kenyamanan sepertinya hubungan antara perilaku individu tersebut dengan sampahnya semakin "tipis", dan kaitan yang  lebih "erat" justru "beralih" kepada petugas atau instasi tertentu yang harus bertanggung jawab. Bahkan kadang bukan hanya tugas "baru" yang mereka dapat, tapi juga cacian yang seharusnya diarahkan kepada "individu x" tersebut.

Ya... itulah kenyataan yang didapat oleh petugas, mereka mau tidak mau harus menerimanya. Tentu tumpukan sampah akan ditindak lajuti dengan pembersihan, bagaimanapun caranya, itu adalah "amanah" yang harus diselesaikan olehnya. Sedangkan si "indvidu x" menjadi buronan yang berada entah di mana, dan identitasnya pun tidak diketahui....

Mereka bekerja dan kita pun harus bertindak (mungking juga harus "berubah").

Bila anda tidak ingin menjadi "individu x" maka buanglah sampah pada tempatnya. Bantulah untuk membuat lingkungan kita menjadi lingkungan yang bersih,nyaman dan indah.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...