Sabtu, Agustus 22, 2015

Memutus Akses Perentas (Hacker) Dari Akun Facebook Anda

Banyak pengguna Facebook tidak sadar apabila akun miliknya sedang diretas (hack). Dan akan sangat mengesalkan, ketika tiba-tiba akunnya menampilkan postingan yang "tidak pantas". Lebih buruknyanya lagi, postingan tersebut menandai (tag) ke akun teman lainnya di facebook, sehingga semakin banyak orang yang mungkin melihat postingan "tidak pantas" yang sebenarnya bukan kita yang melakukannya.

Sebenarnya, ada cara untuk mengetahui apakah akun kita telah di-hack atau tidak.


Memutuskan akses log in perentas

Sebagaimana dilansir kompas, anda hanya perlu masuk ke bagian Settings, kemudian pilih Security. Pilihan menu Security terletak di bagian kiri layar, tepat di bawah General atau di atas Privacy.

Di menu Security, pilih menu Where You're Logged In. Dalam menu tersebut, bisa dilihat melalui perangkat apa dan di mana saja akun milik Anda telah diakses. Nah, apabila ada sebuah aktivitas yang mencurigakan, langsung saja tekan tombol End All Activity. Menggunakan tombol tersebut, akses peretas akan langsung log-out dari akun milik Anda.

Langkah selanjutnya adalah dengan mengganti password atau kata sandi untuk mencegah peretas masuk kembali ke akun milik Anda.

Mengatur pemberitahuan akses log in

Selain itu, Anda juga bisa meminta sistem Facebook untuk memberikan peringatan setiap kali ada login ke akun di perangkat atau browser baru. Notifikasi tersebut dapat diberikan di tiga tempat sekaligus, yakni melalui Facebook itu sendiri, e-mail, atau pesan SMS ke nomor yang sudah didaftarkan pengguna.

Cara menggunakan fitur tersebut juga cukup mudah. Masih melalui menu Security, langsung pilih saja menu Login Alerts. Dalam menu tersebut, pengguna bisa mengatur sendiri ke mana notifikasi akan diberikan.

Jika memilih mengirim notifikasi lewat e-mail, setiap ada login baru, Facebook akan mengirimkan notifikasi ke alamat yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Memoderasi tag yang tertuju pada akun anda

Tidak kalah ngesalkan adalah ketika akun anda tertandai (tag) pada postingan yang tidak anda inginkan, termasuk diataranya dari akun teman facebook yang ter-hack sehingga muncul di time line anda.

Untuk menghindari tag dari postingan yang tidak inginkan anda dapat pula mengatur moderasi tag yang tertuju pada akun anda.

Untuk pengaturan ini anda perlu memilih bagian Timeline and Tagging, lalu klik edit disamping opsi Review tags people add to your own posts before the tags appear on Facebook? dan aktifkan moderasi dengan memilih Enabled.

1 komentar:

Ratnaa Kurnia mengatakan...

thanks for sharing,,sangat bermanfaat
nice post
ST3Telkom

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...