Sabtu, Oktober 16, 2010

Naturalisasi Pemain Tim Sepak Bola Nasional

PSSI tetap berharap pemain naturalisasi bisa memperkuat Timnas Indonesia. Dilansir oleh Media Indonesia (15-10-2010) Ketua Umum PSSI Nurdin Halid di Jakarta, Kamis (14/10) mengatakan, pemain naturalisasi sangat dibutuhkan dalam waktu dekat guna mengisi kekurangan pemain terutama di posisi pemain depan. "Selama ini hanya mengandalkan Bambang Pamungkas saja. Untuk mencarikan pengganti Budi Sudarsono pun juga susah," katanya.

Menurut dia, menggunakan jasa pemain naturalisasi yang mayoritas berkebangsaan Belanda itu hanya untuk kebutuhan instan terutama untuk menghadapi Piala AFF dan SEA Games. "Pemain yang ada saat ini adalah produk dari 10-15 tahun lalu. Jadi jika pembinaan yang baik berjalan sesuai dengan program lima tahun ke depan sepak bola Indonesia akan lebih maju," katanya menambahkan.

Christian Gonzalez
Sesuai dengan rencana awal ada empat pemain keturunan yang akan dinaturalisasi, yaitu John van Beukering, Rafael Guilermo, Sergio van Djik yang ketiganya keturunan Belanda, dan Christian Gonzales dari Uruguay.

Ia menjelaskan, khusus untuk pemain keturunan Belanda proses naturalisasi telah direspon positif oleh pemerintah. Pihaknya berharap 1 November nanti bisa didaftarkan untuk masuk dalam skuad timnas pada Piala AFF akhir tahun ini.

"Menpora telah menindaklanjuti proses naturalisasi bagi ketiga pemain itu. Khusus untuk Gonzales merupakan keinginan sendiri untuk menjadi WNI. Prosesnya juga berbeda," katanya menjelaskan.

Timnas Indonesia pada Piala AFF ditargetkan mampu menjadi juara. Pada babak penyisihan yang rencananya digelar di Tanah Air, Firman Utina dan kawan-kawan satu grup dengan Thailand, Malaysian dan pemenang babak kualifikasi.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...