Minggu, Agustus 30, 2009

Indonesia Vs Malaysia atau ....???

Sebuah rekaman (script) chatting antara dua warga Indonesia dalam blog kaskuserz menggugah diri untuk berpikir jernih mengenai perseteruan yang terjadi antara Indonesia dan Malaysia.

Ada hal yang perlu diperbaiki antara Indonesia dengan Malaysia merupakan sesuatu yang nyata! Namun script tersebut juga memberi pesan bahwa ada hal-hal yang selama ini menjadi bahan perseteruan tersebut, mungkin hanya pepesan kosong, atau jenis perdebatan tentang "mana yang lebih dulu antara telur dan ayam".

Ada dugaan bahwa ada pihak ketiga yang sedang 'tertawa' melihat perseteruan Indonesia dan Malaysia (tentunya tuduhan tidak boleh ditujukan secara sembarangan). Di jaman yang modern ini untuk menghancurkan sebuah negara tidak perlu angkat senjata dan menghatamkanya ke sasaran, namun secara tidak terlihat kita bisa dikoyak-koyak dengan cara halus menyerang ideologi maupun provokasi. Oleh karena itu kita perlu meningkatkan kepekaan kita terhadap isue-isue yang beredar sehingga tida mudah terbawa arus negatif.

Berikut adalah percakapannya.
  • 'M' adalah orang Indonesia yang berada di Indonesia.
  • 'L' orang Indonesia yang tengah bersekolah di Malaysia.
M: ati2 disandera bang
M: haha
L: huahahaha..
L: gilak..
L: gk ada apa2 kalee..
L: di indonesia aja yg ngeboh2in
M: gilak kmren masuk brita polis malingsit menghajar TKI
M: ya malaysia takut sih
M: malay kan pnyanya cma british
L hahaha..
M: malay emang pnya apa lagi?he
L: ya byk lah..
M: PM nya aja mah*
L: terutama dlm hal hubungan bilateral...
M: wkkw
L: palagi polisi2 kita tuh..
L: klo prang gk dpt lg sogokan dri ***** malaysia..hahaha
M: dsini siap2 bwt angkat senjata
M: :army:
L: ah..
L: gk caya ak bkl jd..
M: gak baca orng malay jelek2in indo ya
L: masalahnya pemerintah kita gk peduli ama nasib rakyatnya..
L: udah lah..
L: ngapain kw capek2 ngurusin gtuan..
L: gk bakal terjadi deh..
M: parah tu malay da g pnya apa2 lagu kebangsaan aja nyolong
L: ngerugiin kita semua..
L: klo perang ntar ******* ('pihak ketiga') bkl masuk ketengah2..
M: emang kita di rugiin malingshit
L: lgian jg yg nyiksa itu **** malay..
L: harusnya mereka yg dberantas..hahaha
M: koq bsa?
L: makanya hrs dbedakan dl..
L: kita perang ama malaysia..
L: malaysia mayoritas ******..
L: berarti kita perang ama sodara kita sendiri..
M: keknya ada yg adu domba
M: haha
L: pdhl dsisi yg lain yg ngerugikan bkn melayunya..
L: makanya..
L: kita di indonesia keburu panas2 gk jelas..
M: bkn gag jelas
L: ngerugiin kita aja kali..
M: panasnya jelas panas bner
L: anggap lah kita menang..
L: trs ******* ('pihak ketiga') kali yg bkl seneng..
L: senjatanya jd laris djual..
L: mumpung mereka lg kekurangan duit skrg kan..
M: kalo perlu malay jadi bagian indonesia
L: otomatis nambah pemasukan dr penjualan senjata..
L: ya klo mw jd bagian caranya kan bisa dtempuh lwt jalan lain...
L: mgkn ngerubah indonesia jd negara ******..
L: jelas2 kita mayoritas ******..
L: 90%..
L: yg salah itu negara kita kali..
M: mana bisa
L: gk usah ngeliat negara luar..
M: hmm..
M: siapa yg ga panas
M: kebudaayan direbut
L: lbh bobrok kita dbandingkan ama malaysia..
L: klo kita dh pebaikin negara kita..
M: lagu dijelek2kan
L: br lah bisa ngomong malaysia bobrok..
L: skrg gini lah ..
L: mereka itu dl bagian dr nusantara..
M: prsaan hutang banyakan malingshit
L: gk kw denger dl penjelasan ak..
L: mereka ada melayu, jawa, bugis..
L: kita jg ada melayu, bugis ama jawa..
L: ya otomatis kebudayaan mereka sama dunk ama kebudayaan kita..
L: trs merebut dan mengambil dr segi mana yg kw maksud..??
L: yg dmaksud org indonesia??
M: ya merebut lah kan itu da dipaten kan sma indo
L: mana hak patennya..
L: buktinya departemen kita gk bisa ngebantah kan..
L: ya krn kita sendiri gk peduli ama kebudayaan kita..
L: cth,,
L: kita punya anak..
L: trs kita buang anak kita..
L: lalu diasuh ama malaysia mpe jd besar dan pintar..
L: lalu pas dh terkenal lantas kita ngaku itu anak kita..
L: skrg yg keliatan piciknya indonesia ato malaysia..??
M: ya ngga gtu juga
M: emang spa yg membuang n jadi terbuang ya
L: ngeliat permasalahan jgn dr satu arah...
L: gk org2 indonesia berpikiran itu kepunyaan dia..
L: sedangkan malaysia jg berpikiran kepunyaan dia..
L: ya masing2 punya hak, krn memang kebudayaan masing2..
L: nah berarti solusinya kan sapa cepet dia dapet..
L: kan gt...
L: nah p********* kita yg dpimpin org2 tua itu dh ********* semua..
L: gk ada yg cepet..
L: makanya kalah kita ama malaysia..
L: MRT, monorail mpe jembatan selat sunda aja gk kelar2..
L: it dl diurusin...
L: cthnya lg gini lah..
L: kita bersodara kan M..
L: misalnya..
L: trs meninggal org tua kita..
L: lantas harta ortu itu ke siapa..
M: haha
L nah permasalahn indo ma malaysia itu kek gt..
L: marah2 gk jelas abisnya..
M: oke
L: dasar kita marah gk jelas..
M: haha
L: klo mslh ligitan ama sipadan..
L: itu wajar klo kita marah..
L: tp klo kebudayaan mah gk sepantasnya..
L: sebab gk ada unsur kedaulatan..
M: ngga juga si mnrutku
M: kebudayaan tu hasil rasa karsa suatu daerah yg ditempati yg mnjadi ciri khas daerah itu
L: cth satu lg la gini..
L: bunga bangkai..
L: bunga bangkai itu ada dmn menurut kw??
M: bkn diambil dri daerah orng lain
M: kebudayaan tu hasil rasa karsa suatu daerah yg ditempati yg mnjadi ciri khas daerah itu
M: contohnya reog..ya emang buyutnya dri ponorogo
L: ok, berarti malaysia berhak jg kan mengklaim, krn apa??krn memang kebudayaan itu ada di daerah mereka
M: koq bsa smpe malay
L: ya memang ada di malaysia kali...
L: kwnya aja yg gk taw..
M: iya makanya itu dia namanya malingshit
M: brrti malingshit trully indonesia
L: reog ponorog dh jd kebudayaan tradisional di malaysia dri jaman kakek kakek kita blom lahir..
L: dan memang ada bukti menyatakan bhwa jaman penjajahan inggris reog menjadi salah satu hiburn pagi petinggi inggris..
M: iya itu sebelum buyutnya malingshit lahir jga ada di ponorogo
L: sekitr abad ke 17
L: ya trs jaman itu kan blom ada indonesia...
L: blom ada malaysia..
L: yg adanya suku jawa, suku batak..
L: nah konek gk kw skrg..
M: zzz
L: dan suku jawa itu ada di malaysia..
L: begitu jg suku minang, suku melayu...
L: sama kek bunga bangkai..
M: iya itu cma pengungsi aja
L: kutnyalah kw?? ada dmn??
M: sedangkan ponorogo termasuk indo
M: regional malaysia itu bner2 orng malay kan di kaskus brrti mereka ngeliat tulisan orng indonesia kan
L: ok skrg kutanya ama kw..
L: bahasa indonesia itu bahasa siapa??
L:: klo argumen kw menyatakan bahwa segala sesuatu berdasarkan daerah..
M: ya orng indonesia lah
L: tu lah kw dah salah kan..
L: bahasa indonesia ini berasa dri bahasa melayu...
L: dan bahasa melayu adalah bhs utama org malaysia..
L: kemudian berdasarkan konferensi bahasa seindonesia dtetap kan aturan2 tertentu..
L: utk mengakomodasi banyaknya suku di indonesia..
L: mk beberapa kata2 tertentu dmasukkan kedalam bahasa melayu tersebut..
L: dgn mengubahsesuaikan berdasarkan keputusan bersama..
L: maka bahasa tersebut menjadi bahasa indonesia..
L: nah hrsnya org indonesia malulah dh ngambil bahasa malaysia...
L: hahahaha...
M: zz
M: malaynya lah yg malu
M: ngomongnya aja gak bener
L: ya itu dr sisi kw kan.
L: tp dr sisi historis..
L: bahasa kita memang bahasa melayu..
L: gk usah mutar2 ke gk bisa ngomong lah, gk bisa apa lah..
L: makanya klo masalah kebudayaan..
L: itu menjadi bias, krn mereka berhak mengklaim..
L: dan kita jg berhak mengklaim..
L: krn memang kita satu rumpun dan bersaudara dgn mereka..
L: dr jaman sriwijaya mpe majapahit...
L: tp kemudian dpisahkan setelah kekalahan belanda ama pemerintah inggris..
L: berdasarkan perjanjian KMB wilayah indonesia hanyalah wilayah belanda...
L: makanya malaysia gk masuk...
L: TP klo kita ngomongin kedaulatan...
L: wilayah negara dan batas2 negara...
L: itu baru bisa..krn memang dh jelas perjanjiannya...
L: jd,,,KLO org indonesia mw marah2,,,marahnya yg betul..
L: jgn marah2 gk jelas..
M: apa ne ksimpulannya?
L: kesimpulannya, kesalahan ada di pemerintah kita dlm hal kebudayaan..
L: klo soal TKI memang di pihak malaysia..
L: dan kebayakan itu memang dilakukan oleh kaum ******* dan jg krn kekurang cakapan TKInya..
L: so pihak malaysia dan indonesia hrs kerja sama dlm hal itu..
L: terutama pihak malaysia, krn kjadian berlaku di daerahnya
L: ak mwnya org2 kita ngeliat mslh ini dgn kepala dingin..
L: jgn membabi buta gk jelas.
L: kek anak2 malahan jdnya
L: hahaha
(8/2*/2009 4:04:46 PM):

Jika tidak mau masyarakatnya semakin teprovokasi hingga 'benang semakin kusut', Indonesia dan Malaysia perlu segera menjernihkan berbagai masalah yang terjadi. Jika didiamkan terus tentu masyarakat akan semakin terjerumus dan keadaan semakin 'panas', apalagi teknologi saat ini membuat hal tersebut semakin mudah. Berbagai blog, forum online bermunculan justru semakin membuat runcing persoalan.

Ini bukan hanya tugas sebelah pihak, tapi ini tugas bersama. Pemerintah Indonesia dan Malaysia harus bertemu untuk berdialog bersama-sama.

2 komentar:

imel mengatakan...

Karena gue orang Indonesia,,, gue pasti dukung Indonesia sepenuhnya.
siapa sih nggak kesal kalau bangsanya sendiri nggak dianggep oleh bangsa lain, seenaknya main ngambil kekayaan Indonesia. emang Indonesia punya TKI yang kerja di Malaysia tapi bukan berarti Malaysia bisa seenaknya ama Indonesia.
malaysia loe tuh musti lebih kreatif, hargai donk budaya sendiri jangan maksa kalau budaya loe dikit,,,
Pemerintah Malaysia jangan tinggal diam donk, kayak nggak tahu apa-apa loe harus minta maaf ama Indonesia.
pemerintah Indoenesia juga ngggak boleh tinggal diam,, karena budayanya udah diklaim oleh negara lain baru ada inisiatif buat memantenkan.
pemerintah beserta seluruh rakyuat Indonesia harus lebih memperhatikan, menghargai, mengenal dan melesatarikan budaya supaya nggak diambil bangsa lain

Anonim mengatakan...

Dah lah gg ush Jauh2...
stiap negara pasti ada IDEOLOGI....
SEKARANG IDEOLOGI MALAYSIA TUH APA????
KLO INDONESIA DAH JELAS PANCASILA.....
MALAYSIA TUH APA????
BUAT NEGARA KO KY BUAT CENDOL.....
CENDOL AJA MASIH ENAK DIMINUM...
TP MALINGSIA INI DAH GG ENK DI MATA DUNIA!!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...