Rabu, Oktober 31, 2012

Badai Sandy Lumpuhkan New York dan New Jersey

Presiden AS Barack Obama telah menyatakan "bencana besar" di negara bagian New York dan New Jersey setelah badai besar bernama Sandy menerjang wilayah tersebut. Sedikitnya 48 orang tewas, dalam serangan "badai Sandy" di pesisir timur AS tersebut.

Badai Sandy bergerak ke darat Senin malam di kawasan selatan New York dengan angin berkekuatan sepadan dengan topan, dan mengakibatkan banjir parah serta melumpuhkan aliran listrik serta fasilitas lainnya.


Di Manhattan, gelombang badai setinggi empat meter membuat kegiatan yang biasanya ramai di New York berhenti. Sebagian sistem kereta bawah tanah di sana juga tergenang air.

Perdagangan di New York Stock Exchange ditutup Selasa untuk hari kedua berturut-turut, menandai pertama kalinya sejak tahun 1888 perdagangan ditangguhkan selama dua hari berturut-turut karena cuaca. Di tempat lain di New York, sebuah kebakaran besar di wilayah Queens akibat angin kencang telah menghancurkan sedikitnya 50 rumah.

"Lower Manhattan terendam air laut," kata Howard Glaser, direktur operasional pemerintah New York. "Saya tidak membesar-besarkan. Air laut menyerbu Terowongan Battery."

Terowongan Battery menghubungkan Manhattan dengan Long Island.

Di New Jersey, kebocoran tanggul mungkin menyebabkan banjir di beberapa kota, memaksa setidaknya 800 orang mengungsi. Selain itu, sebuah pembangkit listrik tenaga nuklir di New Jersey menyatakan status waspada setelah air naik ke tanda tertentu. Para pejabat mengatakan tidak ada masalah keselamatan di PLTN itu karena dipadamkan untuk pemeliharaan.

Sandy, yang kini dikategorikan sebagai siklon pasca tropis, melewati pesisir New Jersey pada pukul 20.00 waktu setempat (06.00 WIB), dengan angin berkecepatan 129 km/jam. Sekitar 60 juta orang merasakan dampak dari badai ini, ratusan ribu orang telah diperintahkan untuk meninggalkan rumah mereka.

Lebih dari satu juta orang saat ini tidak memiliki aliran listrik di tempat tinggal mereka. Transportasi berhenti di kota-kota pesisir timur dan ribuan penerbangan dibatalkan.

Berikut ini adalah salah satu video mengenai Badai yang melumpuh kota New York dan New Jersey tersebut oleh ABCNews



Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...