Selasa, Januari 17, 2012

Interkoneksi BANK di Indonesia

Setelah sebelumnya saya menceritakan tentang ATM BANK DKI yang bergabung dengan jaringan PRIMA, pada bulan Desember 2011 lalu, kini masyarakat Indonesia kini sepertinya semakin dapat menikmati interkoneksi antar bank di Indonesia.

Dua bank yang notabene memiliki nasabah tebesar di Indonesia, yaitu Bank MANDIRI dan Bank BCA mulai 16 Januari 2012 sudah terkoneksi melalui jaringan ATM Prima. Dengan demikian transaksi perbankan para nasabahnya antar bank akan semakin dipermudah khususnya melalui jaringan ATM Prima.

Dikutip oleh detikNews 16 Januari 2012, "Kerjasama ini diresmikan melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU)oleh Direktur Utama Bank Mandiri, Zulkifli Zaini dan Direktur Utama PT. Rintis Sejahtera selaku pengelola jaringan ATM Prima, Iwan Setiawan, disaksikan oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Ardhayadi Mitroatmodjo serta Direktur Direktorat Akunting dan Sistem Pembayaran BI, Ronald Waas dan Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja, pada tanggal 11 Oktober 2011, di Hotel Ritz Carlton Jakarta."

Dengan demikian, hampir dapat dikatakan bahwa koneksi antar bank di Indonesia hampir tiada batas. Dua buah jaringan ATM yaitu ATM Prima dan ATM Bersama telah menghubungkan seluruh bank nasional di Indonesia, baik itu milik pemerintah maupun swasta. Tentunya dengan tetap dikenakan biaya sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada masing masing bank.

Sewajarnya dengan semakin mudahnya transaksi lintas bank, aktivitas transaksi antara masyarakat yang kini semakin terbiasa dengan menggunakan jasa bank transfer baik melalui ATM maupun layanan electronik banking lainnya untuk aktivitas transaksi jual beli dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...