Jumat, Desember 03, 2010

Menang Telak! Jangan Berbangga Dulu

Indonesia 5, Malaysia 1. Skor akhir pertandingan itu sepertinya terlalu fantastis! Apalagi Tim Garuda sempat kecolongan satu gol dari Negeri Jiran tersebut.

Kemenangan telak ini memang layak membuat kita bangga. Harapan terhadap Bintang baru pun muncul, Irfan Haarys Bachdim, Pemain naturalisasi kelahiran Belanda 1988 menyedot perhatian pencinta sepakbola Indonesia ketika tampil gemilang melawan pada partai perdana Piala AFF 2010 di Gelora Bung Karno itu.

Tak mudah awalnya. Keragu-raguan skuad Merah Putih tampak jelas di awal laga. Hingga memberi peluang Malaysia mencetak gol lewat sentuhan Norshahrul Idlan Talaha di menit ke-22, setelah mengecoh Hamka Hamzah. Pola alur bola yang monoton, langsung meneruskan bola ke Gonzales dan Bachim ke depan, diubah. Sisi sayap lebih dimaksimalkan. Cara tersebut sukses, dua gol balasan di babak pertama tercatat dimulai dari aksi wing bek Indonesia, M Nasuha dan M Ridwan yang melakukan penetrasi di sisi kanan-kiri pertahanan Malaysia.

Babak kedua, Riedl seolah tahu pola itu yang harus lebih digencarkan. Peran Okto, pun dimaksimalkan bersama kekuatan dua striker naturalisasi yang belum banyak terbaca pemain lawan. Hasilnya? Malaysia dilibas dengan tiga gol tambahan yang dicetak anak-anak Indonesia. Hingga menghasilkan skor akhir 5 -1 kemenangan untuk Indonesia.

Pun, terlepas dari luar biasanya penampilan Indonesia, masih banyak catatan yang mesti dijadikan perbaikan. Sektor pertahanan masih terhitung lemah karena masih bisa ditembus pemain Malaysia. Umpan-umpan tak akurat, mudahnya terjadi kepanikan dilini tengah dan belakang hingga sering memperlihatkan permaian asal "buang bola", serta lemahnya stamina perlu menjadi catatan khusus Tim Indonesia. Target menjuarai AFF Cup pun masih sangat jauh dan harus melewati lawab lainnya.

"Saya bilang kepada pemain agar tidak bermimpi dulu, mereka harus istirahat untuk mempersiapkan pertandingan selanjutnya. Kami masih harus menghadapi Laos dan Thailand, ini pertandingan berat," ujar Alfred Riedl, Pelatih Timnas Indonesia sebagaimana dikutip Tribunnews.com 2-12-2010.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...