Minggu, Desember 19, 2010

Naturalisasi Efektif?

Striker Christian "El Loco" Gonzales alias Mustafa Habibie berhasil membawa tim nasional (Timnas) Indonesia kembali membungkam Filipina sekaligus memastikan Indonesia lolos ke babak final Piala AFF 2010. Aksi heroik pemain "naturalisasi" pada menit ke-43 sontak membuat Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta dan umumnya rakyat Indonesia bergetar. Sekitar 85.000 penonton yang memadati stadion menyambut histeris gol tersebut.

Ini bukan kali pertama pemain "naturalisasi" tersebut melesakkan gol ke gawang lawan main Indonesia dalam Piala AFF 2010. Dua gol yang telah diciptakan sebelumnya, 1 gol saat pertandingan melawan Malaysia 1 Desember 2010 dan 1 gol lainnya saat leg-1 melawan filipina pada 16 Desember 2010. Keadaan ini telah membuat dirinya menjadi pencetak gol terbanyak semetara saat ini dalam rangkaian Piala AFF 2010.

Indonesia melenggang ke Final, dan El Loco pun menjadi Bintang. Lalu, apakah catatan ini membuktikan bahwa naturalisasi efektif menjadi obat Timnas, tentunya tidak bisa di jawab secara mutlak karena sepakbola merupakan permainan yang membutuhkan teamwork. Bahwa El Loco telah meberi kontribusi adalah hal yang tidak dapat dibantah, namum menyimpulkan pemain "naturalisasi" sebagai resep membetuk timnas, wajarkah?

Terus Berjuang Garuda! Raih Kemenangan.



Gol Christian El Loco Gonzales Indonesia - Filipina (19-12-2010)




Gol Christian El Loco Gonzales Filipina - Indonesia (16-12-2010)

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...