Jumat, Desember 24, 2010

Darah Asing Dalam Tim Nasional Saat ini Ternyata Bukan Program Naturalisasi!

Dua pemain berdarah asing dalam squad Tim Nasional yang saat ini tengah naik daun yaitu Irfan Bachdim dan Cristian Gozales, sering disebut oleh media Nasional sebagai pemain hasil dari program naturalisasi yang dijalankan oleh PSSI.

Akan tetapi demikian menurut goal.com mereka bukanlah produk dari program naturalisasi yang dijalankan oleh PSSI. Sampai saat ini belum ada pemain tim Nasional Indonesia yang merupakan hasil naturalisasi. Berikut kutipan dari goal.com (21-12-2010).

Irfan Bachdim

BUKAN pemain aturalisasi karena sudah mengantongi paspor Indonesia sejak awal, memilih untuk menjadi WNI ketimbang Belanda pada usia 18 tahun.

Christian Gonzales

BUKAN pemain naturalisasi, karena sudah menetap di Indonesia lebih dari 5 tahun (sejak 2003) dan menjadi WNI atas inisiatif sendiri, didukung Undang-undang No. 12 Tahun 2006.

Hal tersebut diamini oleh Ketua PSSI, Nurdin Halid, sebagaimana dilansir Antara (21-12-2010) Ia menyampaikan bahwa keduanya bukan pemain naturalisasi. Untuk Irfan Bachdim telah mempunyai paspor Indonesia sejak tahun 2006. Untuk Christian Gonzales, menjadi WNI dengan proses yang sama dengan calon WNI yang lain. Pemain kelahiran Uruguay itu membutuhkan waktu lima tahun untuk memastikan statusnya.

Kim Jeffry Kurniawan
Seorang pemain hasil naturalisasi saat ini adalah Kim Jeffry Kurniawan. Namun demikian pemain keturuan Indonesia - Jerman itu belum pasti masuk dalam Timnas, untuk masuk tim Merah Putih karena harus tetap menjalani seleksi yang akan dilakukan pelatih Alfred Riedl mulai 4 Januari 2011 nanti. "Jika kemampuannya tidak sesuai dengan kebutuhan maka tidak bisa masuk timnas. Kim hanya menjadi pemain naturalisasi saja yang artinya hanya menjadi WNI dengan jalur yang cepat karena dinilai memiliki kemampuan lebih dibidang sepak bola," kata Nurdin menambahkan.

2 komentar:

WorldMINDset mengatakan...

Lha, emang iya leh soale hasil olahan blow up media qta yg tdk brtanggung jwb dn nara sumber yg "miring" dlm brkomentar maka anggapan naturalisasi itu seolah2 ada, pdhal hrusnya sbg Bangsa Indonesia kita pintar2 memilah media massa yg tdk SEMBARANG menjual info yg salah! Emangnya qta mau jual lottere keWNan bgt mudah, ntar dianggap jd WNI itu murahan dunks... Yaa ikuti sj prosedur dg baik dn benar sesuai perat perUUan, kalo ada pelanggaran br lapor kpd yg brwenang. Bukan bgt, P'Pejabat Teras Negara? HeHe

Chudexs mengatakan...

Indonesia.... keep spirit.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...