Minggu, Agustus 22, 2010

Akankah JDA 2010 Dapat (Kembali) Diakses Full Melalui Internet

BPS adalah sumber data statistik yang diakui pemerintah dan banyak juga digunakan oleh pihak lain untuk berbagai keperluan.

Bicara soal data jadi ingat ketika masa kuliah, saat menyusun karya ilmiah untuk tugas akhir atau tugas semesteran. Saat itu (2007 -2008) untuk mencari data statistik Jakarta cukup terbantu dengan adanya softcopy buku Jakarta Dalam Angka / Jakarta in Figures (JDA) yang dapat diunduh secara full dari web BPS Jakarta. Kemudahan ini sepertinya tidak dirasakan dari BSP kota lainnya di Indonesia.

Namun kini tidak lagi , yang bisa diperoleh hanya daftar isi di JDA 2009, bahkan untuk versi yang sebelumnya (2006, 2007 & 2008) hanya diperoleh tulisan "Mohon Maaf" karena JDA tidak lagi bisa diakses secara full.

Rasanya telah terjadi kemunduran layanan dari BPS Jakarta, kemudahan yang sebelumnya telah diberikan kepada masyarakat hilang kembali. Tak heran hal ini memuncul dugaan bahwa versi softcopy telah menurunkan omset "pendapatan" dari versi hardcopy.

Jika benar dugaan tersebut, sepertinya BPS Jakarta telah menggadakan perannya selain sebagai penyedia data, juga pada peran yang lainnya. Bila pun benar demikian, sebenarnya masih terbuka cara untuk memperoleh "pendapatan" penggantinya melalui web, kerena dengan menyediakan data secara online akan membuat web BPS memiliki nilai jual. Namun hal ini akan kembali pada sistem yang diberlaku pada lembaga tersebut.

Jadi terfikir... Akankah JDA 2010 Dapat (Kembali) Diakses Full Melalui Internet? Selama yang dipublikasi bukan data rahasia semesti masih dapat direalisasikan...

1 komentar:

rocky mengatakan...

Salam Pak Muhammad,
Disadari betul dengan tidak dapat diasksesnya JDA2010 secara full pastilah sangat mengganggu pengguna data. Tetapi hal ini dilakukan bukan bertujuan untuk mengurangi layanan kami tetapi semata2 karena peraturan pemerintah tentang "penerimaan negara bukan pajak" (PNBP) yg dikenakan pd penyebaran publikasi2 tertentu yg dihasilkan BPS baik hardcopy maupun softcopy. Akan tetapi saat ini kami terus berupaya mencari cara. Saat ini Bapak bisa mengakses tabel2 JDA 2010 dalam format html yang kami pecah2 menurut BAB, atau juga dapat diakses dalam format flash yaitu berupa flipbook. Seluruh isi JDA201 dapat dibaca lamngsung melalui flipbook ataupun halaman2 html Statistik Jakarta 2010, namun tetap Publikasi JDA 2010 yang kami publish tsb juga tidak dapat diunduh dalam artian publikasi tsb tidak secara full kami berikan sehingga tidak menyalahi aturan yang ada.

Mohon maaf atas ketidaknyamanan selama ini. Saran dan kritik yg konstruktif sangat kami butuhkan.

Silahkan kunjungi situs kami
http://jakarta.bps.go.id/

Selamat Berkarya

Rocky GH
Kasi JRS BPS Prov. DKI Jkt

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...