Minggu, Mei 29, 2011

Selamat Barca, Bravo Messi

  

Tekad Manchester United (MU) untuk melampiaskan dendam terhadap barcelona dua tahun lalu sirna sudah. Pada partai puncak Liga Champions yang dihelat di Wembley Stadium, Minggu (29/5) dinihari WIB Pasukan Sir Alex Ferguson kembali mengecap kekalahan dari armada Pep Guardiola dengan skor 3-1. Hasil ini memastikan Los Blaugrana mengukir gelar Eropa musim 2010/2011.

Ini merupakan trofi Champions yang keempat bagi Barca. Menyamai catatan rekor Bayern Muenchen dan Ajax Amsterdam. Kemenangan ini juga menjadi yang kedua bagi Lionel Messi cs di tanah Wembley sejak tahun 1992 saat kompetisi masih bernama Piala Eropa dan venue masih old Wembley, The Twin Towers.

Gol pertama Barcelona diperoleh pada menit ke-27. Umpan tembusan Xavi diterima dengan baik oleh Pedro sang striker. Dengan dinginnya, Pedro menaklukkan kiper veteran asal Belanda itu. Namun keunggulan Barca  tidak bertahan lama, karena pada menit ke-33, Wayne Rooney membalas gol tersebut. Kerja samanya dengan Ryan Giggs berujung gol dengan bomber Inggris itu mengirim lesakkan terukur ke gawang Victor Valdes. Skor 1-1 bertahan sampai babak pertama berakhir.

Barca yang tercatat tampil dominan di final ini kembali melanjutkan kecemerlangan mereka di paruh kedua. Tendangan Lionel Messi pada menit ke 54 dari luar kotak penalti tak kuasa diredam van der Sar. Gol sang  Bintang  ini pun kembali memberikan keunggulan Barca.

Pada menit ke-68, David Villa kian menambah penderitaan Red Devils, tendangan penyerang andalan Spanyol itu menjurus indah melewati hadangan van der Sar.

 Dengan skor 3-1 Barcelona memastikan menjadi juara Liga Champions 2010/2011.

(Getty Images / BolaNews)


Bravo Lionel Messi

Lionel Messi. (Getty Images / BolaNews)
Dalam pertandingan yang dimenangkan Barca ini Lionel Messi menorehkan sejumlah catatan  istimewa. Messi acap merepotkan pertahanan 'Setan Merah', dan  memperbesar signikansi diri dengan sumbangan satu gol.

Golnya di Stadion Wembley tersebut menjadi istimewa karena itu adalah gol pertamanya di tanah Inggris. Tak heran kalau ia begitu ceria merayakan gol pertamanya di Inggris, setelah sebelumnya melalui 680 menit tanpa gol di situ.

Gol kedua gawang MU pada pertandingan tersebut juga mendaulat Messi jadi pemain ketiga dalam sejarah Liga Champions yang mampu bikin gol di dua partai final, setelah Raul dan Eto'o. Gol pertama Messi di partai puncak juga dicetak ke gawang MU pada tahun 2009.

Tambahan satu gol tersebut sekaligus mengukuhkan Messi di pucuk topskorer Liga Champions musim ini dengan 12 gol. Jumlah itu menyamai rekor gol terbanyak dalam satu musim Liga Champions, yang sebelumnya dikuasai Ruud van Nistelrooy seorang diri.

Sumber: goal.com ; detikSport ; BolaNews

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...