Selasa, Mei 24, 2011

Jalur Sepeda Pertama di Jakarta

Tempointeraktif.com
Jalur sepeda pertama di DKI Jakarta dari Taman Ayodya – Blok M, diresmikan Gubernur KDKI Jakarta Fauzi Bowo didampingi Walikota Jaksel Syahrul Effendi yang juga sekaligus Ketua Komite Sepeda Indonesia (KSI) pada Minggu, 22 Mei 2011.

Mereka yang mengikuti acara peresmian jalur sepeda pertama di Jakarta itu adalah komunitas sepeda seperti Bike to Work, Bike to School, dan Komunitas Onthel Batavia, warga sekitar Jakarta Selatan yang tak mengenakan atribut komunitas.

Lajur sepeda tahap pertama di Jakarta ini dibuat dengan 1,6 meter di sisi kanan-kiri Jalan Mahakam hingga Melawai Raya. Bagian jalan untuk sepeda dicat dengan warna hijau dengan beberapa rambu/marka dengan lambang sepeda di tepi jalan. Tak ada pembatas yang memisahkan lajur sepeda dan area jalan untuk pengguna kendaraan bermotor.

www.ui.ac.id
Jalur sepeda Taman Ayodya - Blok M ini dapat dikatakan sebagai jalur sepeda rermi ketiga di Indonesia. Jalur sepeda pertama yang diresmikan di Indonesia adalah jalur sepeda di dalam lingkungan Universitas Indonesia yang diresmikan oleh Rektor UI Prof Dr Der Soz Gumilar Rusliwa Somantri pada 27 Juli 2008 (Indopos 28/07/2011), dan yang kedua jalur sepeda kota Bandung.

Tentu ada harapan dari dibangunnya jalur sepeda ini, dan diantaranya adalah meningkatnya pengguna sepeda di Jakarta dengan efek domino menurunnya pengguna kendaraan bermotor, yang diikuti berkurangnya konsumsi BBM dan perbaikan kualitas udara serta peningkatan pengguna angkutan umum.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...