Senin, Mei 02, 2011

Selamat Hari Pendidikan Nasional

Hari ini, Senin, 2 Mei 2011 kita sebagai bangsa Indonesia memperingati hari pendidikan nasional (Hardiknas). Menurut sejarah bahwa seorang tokoh bernama Ki Hajar Dewantoro lahir pada tanggal dan bulan tersebut (2 Mei 1889). Karena perjuangan beliau pada masa itu yang mengabdikan dirinya untuk kemajuan bangsa Indonesia melalui bidang pendidikan, sehingga perjuangan beliau itulah bangsa indonesia menetapkan pada tanggal dan bulan tersebut sebagai Hari Pendidikan Nasional.

Pahlawan dengan nama asli Raden Mas Soewardi Soerjaningrat adalah aktivis pergerakan kemerdekaan Indonesia, kolumnis, politisi, dan pelopor pendidikan bagi kaum pribumi Indonesia dari zaman penjajahan Belanda. Ia adalah pendiri Perguruan Taman Siswa, suatu lembaga pendidikan yang memberikan kesempatan bagi para pribumi jelata untuk bisa memperoleh hak pendidikan seperti halnya para priyayi maupun orang-orang Belanda.

Berbicara tentang pendidikan atau menuntut ilmu, islam mengajarkan kepada umatnya agar jangan pernah berhenti mentut ilmu seperti yang diungkapkan dalan hadist:

"Tuntutlah ilmu mulai dari buaian sampai ke liang kubur" (HR bukhari)

dan Islam lebih menghargai orang-orang yang berilmu sebagaimana firman Allah :

"Allah akan meninggikan orang-orang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat". (QS.Al Mujadalah:11)

Hal yang tak kalah pentingnya dari menuntut ilmu adalah mengamalkan atau mengaplikasikan ilmu dalam dunia nyata. Ketika seseorang menuntut ilmu, maka manfaat dari ilmu tersebut hanya dapat diketahui oleh dirinya sendiri, dan mungkin tidak seorangpun merasakan manfaat dari ilmu termasuk si penerima ilmu yang juga, hanya "mengetahui manfaat secara teori". Namun ketika ilmu diaplikasikan, maka banyak orang yang akan merasakan manfaatnya secara nyata, termasuk dirinya sendiri.

Sebagai penutup tulisan ini, silahkan menikmati sebuah lagu dari Iwan Fals yang berjudul Umar Bakrie, yang menceritakan sekelumit kisah seorang guru dengan latar belakang video animasi menarik.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...