Senin, Maret 17, 2008

nge-Blog untuk Indonesia!

Blog adalah media untuk mempublikasikan berbagai hal melalui tulisan, gambar serta video secara online keseluruh dunia. Artinya apa dituangkan seorang blogger dalam blog-nya memiliki peluang untuk mempengaruhi 'dunia', dan semakin banyak blogger ng-blog dengan misi yang sama, maka semakin besarlah pengaruhnya terhadap dunia.
Lalu, mungkinkah sebuah blog menjadi suatu hal yang berguna bagi sebuah bangsa (Indonesia)?
Tentu saja bisa...!
Dalam sebuah blog terdapat banyak cara untuk menunjukan kepedulian kita untuk Bangsa Indonesia, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :
  • 1. Isi blog (content's)
Sebagaimana dikira, content’s adalah aktor utama dari sebuah blog, dimana search enggine (google, yahoo dsb.) akan meng-index-nya. Maka buatlah publikasi yang mempromosikan Indonesia, atau mengangkat jiwa nasionalisme. Boleh saja membuat artikel yang meng-kritik terhadap berbagai hal yang terjadi di Indonesia tetapi dengan tujuan ‘kritik untuk membangun’, bukan untuk mencemooh atau mengejek bangsa sendiri.
  • 2. Disain blog (template)
Jika anda cukup mahir untuk mengubah desain blog anda, alangkah baiknya jika anda menambahkan suatu nuansa yang ‘Indonesia’ seperti warna ‘merah-putih’, latar belakan alam/budaya Indonesia, atau mungkin sekedar tulisan ‘Indonesia’ yang dapat terlihat jelas oleh pengunjung.
  • 3. Pernak pernik blog
Sebuah blog akan dapat lebih menarik dan interaktif jika ditambahkan ‘pernak-pernik’ yang tertata dengan rapih secara embed. Sarannya adalah, sedapat mungkin gunakanlah dari penyedia ‘pernak-pernik’ lokal, dengan semangat bahwa jika ‘penyedia pernak-pernik lokal’ tersebut berkembang maka secara tidak langsung (mereka) akan membantu pergerakan perekonomian baik ditingkat daerah maupun nasional, serta keberadaanya juga akan turut mengangkat nama Indonesia.
  • 4. Tautan (link)
Sebagian dari kebiasaan bogger membuat tautan dari blog-nya ke situs atau blog lainnya, tentu prinsip yang sama berlaku seperti disarankan pada nomor 3. di atas, maka dahulukanlah link menuju situs atau blog lokal dari blog anda.
  • 5. Make money blog (iklan-iklan)
Tidak jarang blogger yang cukup berharap bisa mendapat penghasilan tambahan dari nge-blog, hal yang paling mungkin dilakukan oleh blogger adalah memasang iklan embed dari penyedia pernak-pernik iklan. Seperti disarankan pada no 3. di atas, plus saran tambahannya, jika anda tertarik iklan embed yang mungkin memberi komisi referral kepada ‘account’ yang memberitahu tentang iklan embed yang ingin anda pasangkan maka mendaftarlah melalui ‘account’ lokal (blog lokal yang telah memasang lebih dahulu) sehingga komisi referral juga akan diterima oleh orang Indonesia. J
Maka mulailah tunjukan kecintaan anda pada Indonesia mulai sekarang. Agar Indonesia semakin berjaya dan merah putih terus berkibar.
Punya pendapat lain, bagaimana sebuah blog dapat menjadi hal yang berguna bagi bangsa?

'tuk Indonesia

'tuk Indonesia

'tuk Indonesia

'tuk Indonesia

Ngeblog untuk Indonesia dari sahabat :

1 komentar:

mahasatwika mengatakan...

halo mas muhammad
trims for infonya...
btw logonya bagus, design pake apa ya?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...