Jumat, November 12, 2010

Nilai-Nilai Pidato Obama di Universitas Indonesia

Obama (Kompas)
Kunjungan Obama ke Indonesia memang sangat singkat tidak sampai 24 jam di Indonesia, namun  terlihat sangat mengesankan, dan memberi pesan bagi lapisan kelas menengah dan kalangan elit di Indonesia. Terutama pada pidato dihadapan para menteri, tokoh politik, pengusaha, cedekiawan dan mahasiswa yang berjumlah 7.500 orang, Obama berpidato dengan sangat memukau dan mendapat gemuruh tepuk-tangan.

Dalam mengawali pidato, Obama sangat pintar memilih kata yang merakyat dengan mengucap “Pulang kampung nih”, Obama berhasil membuat para penontonnya sontak kegirangan. Selanjutnya Obama rajin memuji-muji kebudayaan, masyarakat, dan capaian pembangunan di Indonesia.

Namun dibalik rangkaian kata yang memukau, isi  pidato Obama sebenarnya kental dengan pesan ideologi seperti demokrasi liberal, ham, pasar bebas, dan toleransi beragama. Seperti diberitakan VIVAnews (10-11-2010), pada pidato itu, setidaknya Barack Obama menyebutkan tiga hal yang menjadi perhatian selama kunjungannya ke Indonesia. Tiga hal itu adalah pembangunan, demokrasi, dan keyakinan beragama.

Dalam soal pembangunan, Obama menyebutkan Indonesia dan Amerika memiliki hubungan yang kuat dan bergantung satu sama lain. Indonesia juga dinilai berperan besar dalam peningkatan ekonomi global. Menurut Obama, Indonesia sebagai negara anggota G20 memiliki tanggung jawab dalam keseimbangan perekonomian dunia. "Indonesia harus memimpin dalam perekonomian global serta menerapkan transparansi," ujarnya lagi.

Dalam soal demokrasi, Obama mengaku takjub dengan perubahan yang terjadi selama dia meninggalkan Indonesia. Dia menceritakan kenangannya di tahun 1967 dimana rakyat Indonesia diliputi ketakutan dalam menyuarakan aspirasinya. "Dalam beberapa tahun ini, Indonesia telah menjadi negara demokratis. Hal ini dapat dilihat dari pemilihan presiden dan legislatif serta masyarakat sipil yang dinamis," ujar Obama.

Indonesia dinilai juga merupakan negara dengan toleransi beragama yang tinggi. Dia mencontohkan masjid dan gereja yang dibangun berdampingan. Sebelum ke Universitas Indonesia, Obama sempat mengunjungi Masjid Istiqlal, sebagai bukti niatnya serius berdialog dengan dunia Muslim.

Rekaman Video Pidato Obama di Universitas Indonesia (Youtube/PBSNewsHour)

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...