Jumat, Agustus 31, 2012

Liburan ke Pantai Madasari, Pemandangan Eksotis di Selatan Jawa Barat

Indonesia memang memiliki banyak panorama alam yang indah. Dan kali ini saya berkesempatan untuk menikmati langsung keindahan alam di derah pantai selatan Jawa Barat.

Jika anda mengira itu Pantai Pangandaran, anda keliru. Pangandaran memang ada di Selatan Jawa Barat, namun yang saya maksud di sini bukan itu. Tempat ini tidak terlalu jauh dari Pangandaran, yaitu sekitar satu jam perjalanan dengan kendaraan.

Penduduk setempat menyebut pantai ini dengan nama Pantai Madasari yang Indah, terletak di Desa Bulak Benda (Bulbend), Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Bila anda pernah ke Pangandaran serta beberapa tempat wisata lain di sekitarnya yaitu Batu Hiu, Green Canyon (Cukang Taneuh), dan Pantai Batu Karas, maka untuk ke Pantai Madasri anda harus melintasi semua tempat wisata tersebut.
Pantai Madasari masih belum terlalu dikenal oleh wisatawan. Terletak di dalam pedesaan yang masih banyak tumbuh pepohonan, sehingga masih begitu terasa ke asrian-nya.
Jafar Cipeusing/Panoramio
Di sini anda akan disuguhkan keindahan alam yang unik dan berbeda, yaitu pantai yang dihiasi dengan beberapa gundukan  daratan di tepi pantai yang unik di sekitarnya. Menjadikan pemandangan di madasari begitu indah dan eksotis untuk dilihat.
Panorama keindahan alam Pantai Madasari sungguh menakjubkan. Namun sayangnya, oleh penduduk sekitar, di Pantai ini kita disarankan untuk tidak berenang, karena pantainya yang tidak begitu landai dan banyak karang/cadas nya.
Mendengar saran untuk tidak berenang dari warga setempat, yang kebetulan juga masih ada hubungan saudara.  Anak-anak saya yang masih kecil-kecil terlihat agak kecewa, namun dari pada beresiko terhadap keselamatan, saya beserta istri dan anak-anak tidak berenang di pantai tersebut.
Anak-anak pun hanya berlari-larian, main pasir saja, dan sekedar bermain air di pinggir pantai walau pun pada akhirnya baju mereka juga basah semua.
Selesai bermain-main air di pantai, hari sudah semakin siang dan perut mulai terasa keroncongan, kami pun menyiapkan santapan makan siang. Beras dan ikan segar sudah dipersiapkan oleh saudara saya.
Masak-memasak pun dilakukan di sekitar pantai tersebut menggunakan cara yang sederhana, yaitu memasak nasi liwet dan ikan bakar dengan kayu bakar. Setelah matang, makan siang tersebut langsung kami hidangkan di saung dengan menggunakan alas daun pisang. Dan kami pun segera mengelilinginya serta menyantapnya bersama selagi hangat.
Nikmatnya kebersamaan . . .

NB. Bila anda ingin mengunjungi Pantai Madasari, karena lokasi ini masih belum dikembangkan, maka tempat menginap terdekat yang anda bisa dapat kemungkinan berada di Pantai Pangandaran atau Pantai Batu Karas. Dan tentunya dapat menjadi bagian dari "paket" tujuan wisata anda.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...