Rabu, Agustus 08, 2012

Stasiun Isi Ulang Listrik

Stasiun isi ulang listrik memang sepertinya suatu yang tidak pernah kita dengar sebelumnya. Namun dalam beberapa tahun ke depan mungkin hal ini akan menjadi suatu yang biasa.

Sebagaimana dilansir oleh VIVAnews (5-8-2012), Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan meresmikan sekaligus pemanfaatan perdana Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) pertama di Indonesia. SPLU ini mampu menyalurkan listrik sampai dengan 32 A atau 7040 VA guna memenuhi kebutuhan salah satunya mobil listrik ke depannya.


Sistem kerja SPLU PLN ini seperti telepon umum. Pengguna tinggal memasukan koin yang berlaku seperti Rp 100, Rp500, Rp1.000 kedalam SPLU, lalu pengguna dapat mendapatkan energi dengan daya dan rentang waktu tertentu. "Hanya saja kalau telepon umum anda dapat pulsa menelepon, kalau ini anda mendapat listrik," ujarnya.


Dahlan menyampaikan, "Ke depannya, SPLU-PLN ini akan dikembangkan lebih lanjut, khususnya terkait dengan sistem pembayaran dari koin menjadi uang kertas atau elektronika,". Dia juga menegaskan, SPLU-PLN ini tidak hanya diperuntukkan guna pengisian energi mobil listrik, tapi segala jenis peralatan listrik, seperti handphone, laptop dan berbagai macam alat listrik lainnya. "Satu unit ada dua titik (stop kontak) jadi bisa mengisi dua alat elektronik," tandasnya.

Ini bisa dikatakan sebuah inovasi baru dari sang Mentri. Namun jika kita melihat situasi saat ini, karena mobil listrik masih baru mulai diperkenalkan di Indonesia, begitu pula motor listrik relatif belum ada yang menggunakannya. Maka stasiun isi ulang listrik belum memiliki manfaat langsung. Walaupun tidak ada salahnya pula, karena sang Menteri BUMN juga sudah mengagendakan produksi mobil listrik nasional (dan pemasaran tentunya) pada tahun 2013 mendatang.

Sebelum beranjak untuk kebutuhan mobil atau motor listrik, rasanya layanan semacam ini akan dapat bermanfaat pula bila ditempatkan di tempat umum seperti terminal, stasiun kereta, bakan di dalam pusat perbelanjaan.

Kesulitan mecari "colokan" listrik disaat handphone anda kehabisan baterai. Padahal saat itu anda sangat perlu menghubungi seseorang. Upaya meminjam hanphone teman atau orang pun mungkin tidak ada gunanya karena nomor yang ingin anda hubungi ada di dalam handphone anda yang saat itu mati total. Hal tersebut mungkin tidak akan terjadi bila didekat kita terdapat SPLU.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...