Rabu, Juli 06, 2011

Tingkatkan Layanan Angkutan Umum Untuk Menyambut ERP (Electronic Road Pricing)


Jalan di Singapura memakai sistem ERP
Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 32 Tahun 2011 tentang Manajemen Rekayasa Lalu Lintas yang juga mengatur soal electronic road pricing (ERP) sudah ditanda-tangani Presiden. Dengan demikian secara hukum ERP yang sudah direncanakan sejak tiga tahun belakangan ini untuk menggantikan kebijakan pembatasan penumpang (3 in 1) sudah dapat diterapkan di Jakarta.

Untuk merealisasikan ERP di Jakarta ada persiapan-persiapan yang perlu dilakukan. Ketentuan teknis yang menjadi persyaratan yang tertuang dalam PP tersebut sudah barang tentu mejadi persyaratan mutlak untuk beroperasinya ERP di Jakarta. Rencananya uang yang terkumpul dari ERP digunakan untuk biaya pengawasan, operasional petugas di lapangan, serta mendukung sarana transportasi, khususnya angkutan umum.

Jika melihat permasalahan secara sistematis, persiapan yang diperlukan tidak hanya itu. Agenda besar dari Manajemen Rekayasa Lalu Lintas di DKI Jakarta termasuk ERP ini adalah mengalihkan pengguna kendaraan pribadi untuk pemanfaatkan layanan angkutan umum, dan untuk itu peningkatan layanan angkutan umum sebaiknya tidak menunggu uang dari ERP terkumpul.

Peningkatan layanan angkutan umum diantaranya dapat dilakukan dengan peningkatan kapasitas khususnya pada koridor di mana ERP diterapkan, yaitu di rute Blok M - Kota dan Jl HR Rasuna Sahid. Penambahan armada busway adalah salah satu yang bisa di lakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Disamping itu peningkatan kapasitas KRL juga dapat menjadi alternatif, namun untuk hal ini perlu kerjasama dengan PJKA dan Kementerian Perhubungan.

Dengan ERP akses bagi pengguna kendaraan pribadi juga menjadi terbatas. Untuk kebijakan tersebut sarana "park and ride" sebagai salah satu sarana transfer antar moda juga sebaiknya disediakan pada titik-titik tertentu.

Kita tentu berharap Jakarta menjadi kota yang nyaman, semoga dengan peningkatan layanan angkutan umum sebagai alternatif bagi moda transportasi masyarakat, dan penerapan ERP dapat dilaksanakan secara lebih efektif.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...