Rabu, Juli 13, 2011

Di Mana Buah Lokal?

jepret-jakarta.blogspot.com
Semua orang tentu suka makan buah-buahan. Buah segar merupakan makanan yang menyehatkan, sumber vitamin yang berguna untuk tubuh.

Ketika anda membeli buah-buahan, apel, jeruk, anggur, durian dan lain sebagainya, pernahkah anda terpikir dari mana asal buah-buah tersebut! Apakah dari kebun disekitar kita atau dari mana?

Jangan anda kira buah tersebut didapat dari petani kita (Indonesia)! Kini teknologi telah cukup baik untuk membawa buah dari seluruh dunia masuk ke Indonesia.

Apel Washington, Jeruk Mandarin, Anggur Hijau, Durian Monthong, Pear Yalie, ... ternyata semua import
Katanya negeri ini negeri yang subur, seperti kata Koes Ploes "tongkat, kayu dan batu jadi tanaman ..."
Tapi mana buah lokalnya?

Bila mencari baju import mungkin kita perlu ke mall atau toko tertentu yang memegang lisensinya, tapi untuk membeli buah import cukup di kaki lima. Memang sepertinya ironis, di negeri yang subur tapi hampir semua buah yang dijual di sini adalah buah import.

Memang dalam hal ini ada masalah. Sinyalemen tersebut diungkapkan oleh Ketua Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA-IPB) Said Didu yang melihat buah-buahan lokal kian terpinggirkan di negeri sendiri. "Jika membandingkan jeruk mandarin dengan jeruk lokal, kita bisa lihat bahwa jeruk mandarin jauh lebih murah. Padahal jika berbicara soal `asal buah, seharusnya produk lokal lebih murah," ujarnya (Antaranews.com 11/07/2011)

Permasalah terpinggirkannya buah lokal, menurut Said Didu mencakup beberapa aspek diantaranya kurang tersedianya benih berkualitas dalam jumlah memadai, lemahnya kegairahan petani baru untuk memproduksi buah-buahan, kurang memadainya infrastruktur logistik buah,.

Selain itu, perubahan perilaku konsumen yang semakin menyukai produk impor dan semakin mudah serta murahnya buah impor.

Mengonsumsi buah lokal sejatinya tidak hanya turun meningkatkan produksi nasional namun juga membantu petani lokal yang telah konsisten mengabdikan diri untuk menanam buah.

"Tak usah salahkan pemerintah mana yang harus tanggungjawab, pindah ke buah lokal, kita buat petani tersenyum," ujar Said Didu.

 

Pepaya mangga pisang jambu
Dibawa dari pasar minggu
Disana banyak penjualnya
Dikota banyak pembelinya
Papaya buah yang berguna
Bentuknya sangat sederhana
Rasanya manis tidak kalah
Membikin badan sehat segar

Reff :
Pepaya jeruk jambu
Rambutan duren duku dll nya
Marilah mari kawan
Kawan semua
Membeli buah buahan
Papaya makanan rakyat
Karena sangat bermanfaat
Harganya juga tak mengikat
Setalen tuan boleh angkat

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...