Kamis, April 22, 2010

Pembangunan

Pada berbagai kegiatan-kegiatan dalam kehidupan bermasyarakat sekarang ini, pembangunan (development) kerap kali dijadikan kambing hitam untuk menjadi dalih guna menyukseskannya. Banyak orang diuntungkan, namun adakalanya beberapa pihak merasa dirugikan.

Untuk lebih memahaminya ada baik kita untuk lebih memahami lebih mendalam arti pembangunan tersebut.

Pengertian pembangunan itu sendiri mungkin menjadi hal yang sangat dapat diperdebatkan. Istilah pembangunan bisa saja diartikan berbeda oleh satu orang dengan orang lain, daerah yang satu dengan daerah lainnya, Negara satu dengan Negara lain. Namun secara umum ada suatu kesepakatan bahwa pemba­ngunan merupakan proses untuk melakukan perubahan (Riyadi dan Deddy Supriyadi Bratakusumah, 2005).
Beberapa pengertian pembangunan yang diungkap adalah sebagai berikut:
  • Siagian (1994) memberikan pengertian tentang pembangunan sebagai “Suatu usaha atau rangkaian usaha pertumbuhan dan per­ubahan yang berencana dan dilakukan secara sadar oleh suatu bangsa, negara dan pemerintah, menuju modernitas dalam rangka pembinaan bangsa (nation building)”
  • Ginanjar Kartasas­mita (1994) memberikan pengertian yang lebih sederhana, yaitu sebagai “suatu proses perubahan ke arah yang lebih baik melalui upaya yang dilakukan secara terencana”.
  • Alexander (1994) Pembangunan (development) adalah proses perubahan yang mencakup seluruh system sosial, seperti politik, ekonomi, infrastruktur, pertahanan, pendidikan dan teknologi, kelembagaan, dan budaya.
  • Portes (1976) mendefenisiskan pembangunan sebagai transformasi ekonomi, sosial dan budaya. Pembangunan adalah proses perubahan yang direncanakan untuk memperbaiki berbagai aspek kehidupan masyarakat. 
  • Deddy T. Tikson (2005) bahwa pembangunan nasional dapat pula diartikan sebagai transformasi ekonomi, sosial dan budaya secara sengaja melalui kebijakan dan strategi menuju arah yang diinginkan.
Makna penting dari pembangunan adalah adanya perubahan menuju kemajuan/perbaikan (progress), atau secara sederhana pembangunan sering diartikan seba­gai suatu upaya untuk melakukan perubahan menjadi lebih baik. Karena perubahan yang dimaksud adalah menuju arah peningkat­an dari keadaan semula, dan tidak jarang pula ada yang mengasumsi­kan bahwa pembangunan adalah juga pertumbuhan.

ref: http://profsyamsiah.wordpress.com/2009/03/19/pengertian-pembangunan/

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...