Sabtu, November 01, 2008

Produktifitas Teknologi dalam Perekonomian Indonesia (3)

Bagian 3 dari 4 tulisan bersambung
1) Pertumbuhan Ekonomi; 2) Faktor Produksi; 3) Produktifitas Teknologi; 4) Analisa

3 Produktifitas Teknologi di Indonesia

Selanjutnya makalah ini mencoba untuk memperlihatkan perkembangan teknologi dalam perekonomian Indonesia. Sebagai sumber data, penulis menggunakan data makro ekonomi yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia. Dengan mempertimbangkan berbagai hal, analisa produktivitas dilihat mulai dengan menggunakan sejak tahun 1985 sampai dengan 2005.

Dalam data tersebut penulis memperoleh data yang diperlukan diantaranya PDB (Y), Investasi (I), Depresiasi (D) dengan harga konstan tahun 2000 dan jumlah Tenaga Kerja (L). Namun dalam data tersebut tidak diperoleh data Kapital (K). Untuk dapat melanjutkan analisa dilakukan perhitungan dengan trial an error memanfaatkan fungsi Cobb-Douglas dengan cara sebagai berikut :

Sebagaimana diketahui fungsi Cobb-Douglas:

Yt = At Ktα Ltβ .....(3)

Maka diperoleh fungsi Kapital:

Kt = .....(4)

Karena kapital pada tahun t adalah hasil penjumlahan dari kapital tahun sebelumnya (t-1) dengan investasi total dikurangi depresiasi (investasi netto) pada tahun t (persamaan (5)), maka selisih kapital tahun t dengan kapital tahun t-1 sama dengan nilai investasi neto (persamaan (6)).

Kt = Kt-1 + It - Dt .....(5)

Kt2 - Kt1 = It2 - Dt2 .....(6)

Selanjutnya dari persamaan (6) dan persamaan (4) dapat sehingga menghasilkan persamaan lain (persamaan (7)) dengan cara dioperasikan sebagai berikut:

- = It2 − Dt2

= − ( It2 − Dt2)

=

= .....(7)

Percobaan trial an error dilakukan dengan mencoba-coba memasukan nilai produktifitas teknologi tahun 2005 sebagai At2 pada spreadsheet (tabel) hingga memperoleh selisih kapital tahun 2005 dengan 2004 sama dengan nilai investasi netto tahun 2005 (Kt2 - Kt1 = It2 - Dt2 ) menggunakan program komputer (Excel) yang telah dimasukan formulanya. Dengan percobaan tersebut, diperoleh nilai nilai produktifitas teknologi tahun 2005 yang paling mendekati adalah 303.997,15 0083055.

Hasil dari perhitungan tersebut secara grafis dapat dilihat sebagai berikut :









Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...