Minggu, Oktober 13, 2013

"Garuda Muda" Luar Biasa!

"Garuda Muda" membuat seluruh bangsa Indonesia bangga. Sukses mengalahkan Korea Selatan 3-2 dalam laga pamungkas Grup G kualifikasi Piala Asia 2014 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Sabtu (12/10) malam, membuat tim nasional Indonesia U-19 mengoleksi nilai 9 dari tiga laga yang dilalui. Tim asuhan Indra Safri tampil sebagai juara group G dan lolos ke Piala Asia U-19 2014.

Hasil ini memberikan harapan baru yang tinggi terhadap masa depan sepak bola Indonesia. Kualitas Timnas U-19 tidak lagi bisa dipandang sebelah mata oleh para finalis piala Asia U-19. Mengalahkan Korea Selatan, juara bertahan yang pemegang rekor juara 12 kali pada event tersebut! Negara yang terkenal dengan sebagai salah satu raksasa sepak bola Asia berhasil dikalahkan dengan skor 3-2.

Tidak hanya itu penampilan Evan Dimas dan kawan kawan juga sangat baik, bahkan seringkali mendominsai permainan. “Tadi kita bukan hanya menang. Tadi kita permainkan Korea, kita kolongin mereka. Mulai dari sekarang, kita harus berpikir bahwa Indonesia raksasa Asia!” cetus Indra Safri sang pelatih (goal.com).

Evan Dimas menjadi bintang kemenangan tuan rumah berkat hat-trick gol yang disarangkannya di gawang lawan. Ia membuka skor di menit 30, sebelum disamakan Korea lewat tendangan penalti. Sang kapten kembali membongkar jala tim lawan 5 menit setelah turun minum, dan melakukannya sekali lagi di menit 86. Korea memperkecil kedudukan di menit 88, melalui sundulan Shu Meonghwon.

Ini menjadi sukses besar kedua tim asuhan pelatih Indra Sjafri setelah tiga pekan lalu menjuarai Piala AFF U-19 dengan mengalahkan Vietnam melalui adu pinalti pada laga final. Di kualifikasi Grup G ini Indonesia pun finis sebagai pemuncak klasemen.

Indonesia menjadi negara kedua Asia Tenggara yang berhasil melaju ke putaran final. Sebelumnya, Vietnam lebih dulu memastikan tiket ke Myanmar usai menggilas Australia 5-1 di laga terakhir Grup F.

Ini menjadi kali ke-16 Indonesia akan tampil di turnamen U-19 tersebut, dari 38 edisi. Namun, kali terakhir pasukan "Merah Putih" mengikutinya sudah cukup lama, yaitu di tahun 2004.

Putaran final Piala Asia U-19 tahun depan di Myanmar yang akan digelar di bulan Oktober 2014. Piala Asia U-19 2014 akan diikuti 16 tim. Ke-16 tim tersebut adalah para juara fase kualifikasi yang terdiri dari 9 grup, 6 tim peringkat kedua terbaik  dan tuan rumah.

Berikut ini daftar peserta Piala Asia U-19 2014 Myanmar:

Juara-juara grup:
Qatar, Uni Emirat Arab, Irak, Iran, Oman, Vietnam, Indonesia, Korea Utara, Jepang
Para runner-up grup:
China, Australia, Korea Selatan, Uzbekistan, Thailand, Yaman
Tuan rumah:
Myanmar

* Pemain yang bisa mengikuti turnamen ini adalah yang lahir pada/setelah 1 Januari 1995.
* Pengundian grup akan ditentukan kemudian oleh AFC
* Empat tim terbaik (semifinais) otomatis lolos ke Piala Dunia U-20 tahun 2015.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...