Rabu, Februari 13, 2013

Mobil Pun Wajib Pasang Black Box

thetruthaboutcars.com
Black Box merupakan alat perekam data yang umum dipasang pada pesawat terbang. Namun seiring dengan perkembangan teknologi dan banyaknya kecelakaan lalu lintas yang melibatkan mobil, aplikasi Black Box ini pun akan dipasang pada mobil.

Sejak tahun 2006 rencana pemasangan Black Box untuk mobil pernah digagas. Pada tahun 2012 National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) dan Pemerintah Amerika Serikat (AS) kembali mengusulkan agar setiap mobil baru yang akan beredar di AS wajib dipasang Black Box. Kali ini usulan tersebut lebih matang, sebab dalam rancangan Undang Undang sudah dicantumkan.

Saat ini sudah banyak perusahaan yang mulai menawarkan aplikasi dan piranti khusus yang berfungsi seperti sebuah black box untuk digunakan dalam mobil, yang disebut dengan event data recorder (EDR). Piranti tersebut akan merekam parameter kendaraan dan lokasi yang terkait saat terjadi kecelakaan. Dengan dipasangnya alat tersebut diharapkan juga angka kecelakaan semakin berkurang karena pengguna mobil bisa lebih berhati-hati saat mengendarai mobilnya. Menurut NHTSA, sekitar 96% dari model mobil baru yang dikeluarkan tahun 2013 sudah dilengkapi dengan EDR. Target NHTSA, semua mobil baru yang beredar di Amerika Serikat semuanya sudah akan dilengkapi EDR pada 1 September 2014.

EDR ini ditujukan sebagai cara untuk mengumpulkan data tentang tindakan yang menyebabkan terjadinya kecelakaan dan bagaimana sistem keamanan kendaraan merespon saat terjadi kecelakaan. Data tersebut kemudian akan digunakan oleh pembuat mobil atau petugas pemerintah untuk membuat lalu lintas dan kendaraan menjadi lebih aman.

NHTSA berharap bahwa data yang terekam di EDR adalah data yang bisa dianalisis seperti kecepatan kendaraan, apakah rem berfungsi saat terjadi kecelakaan, kesiapan dan fungsi air bag, penggunaan sabuk pengaman, dan sebagainya. EDR tersebut berfungsi saat air bag aktif dan hanya menyimpan data dari saat-saat menjelang dan selama kecelakaan terjadi.

Menurut David Strickland, adiministrator NHTSA, EDR akan memberikan informasi keamanan yang penting yang bisa memungkinkan NHTSA untuk mengevaluasi apa yang terjadi saat kecelakaan terjadi dan langkah apa yang selanjutnya bisa diambil untuk menyelamatkan jiwa dan menghindari cedera. Lebih jauh, persyaratan dari EDR akan memastikan petugas pemerintah mendapatkan informasi keamanan terkait yang dibutuhkan untuk menentukan faktor dapat menyebabkan kecelakaan di semua produsen kendaraan.

Kira kira bagaimana dengan Indonesia? Dengan jumlah sepeda motor yang jauh lebih tinggi dari mobil mungkin black box juga perlu diwacanakan untuk mobil dan sepeda motor.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...