Rabu, Juni 16, 2010

PSSI Masuk Piala Dunia

Adakah yang salah dari judul di atas? Bila anda cukup jeli menyadarinya tentu anda akan mengatakan "ya, ada yang salah dari judul di atas". Yang salah bukanlah karena pada tahun 2010 ini tim nasional Indonesia tidak masuk dalam putaran final piala dunia di Afrika Selatan, sehingga judul di atas menjadi tidak tepat. Tetapi pemilihan kata (sebutan) "PSSI" itu yang menjadi masalahnya. Karena seharusnya dalam judul di atas "PSSI" diganti menjadi "Indonesia", "Tim Nasional" atau lebih lengkap lagi "Tim Nasional Indonesia".
Kehilafan seperti ini juga diucap oleh orang nomor satu di Indonesia, Presiden SBY yang terekam dalam berbagai media pada saat acara nonton bareng partai perdana Piala dunia 2010 Afrika Selatan melawan Meksiko, di Ballroom Puri Kencana Hotel Intercontinental, Denpasar, Bali. Seperti dikutip detikNews (24/06/2010) saat itu beliau bertanya, "Dapat kira- kira PSSI masuk ya. Kita kasih semangat," beliau juga sempat menyatakan "Kemarin waktu Piala Asia, PSSI bagus,".
Mengapa ini harus dipermasalahkan? Karena tentunya perbedaan tersebut akan memberikan makna yang berbada dari kalimat yang dihasilkannya, setidaknya (menurut saya) dengan mengucap PSSI (daripada mengucap Tim Nasional) memberikan kesan Indonesia sepertinya terpisahnya dari PSSI.
Mungkinkah pola pemikiran tersebut yang menjadi penyebab tidak didukungnya PSSI menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022? Tentu tidak sedangkal itu pemikirannya.
Lebih lanjut berbicara ajang Piala Dunia, bila apa yang dimaksud PSSI dalam pertanyaan oleh Presiden SBY adalah Tim Nasional Indonesia, menurut Suryopatomo dalam www.metrotvnews.com (12/06/2010) jawaban dari pertanyaan itu tentunya kembali ke Presiden sendiri. Menurutnya Presiden adalah orang yang tertinggi jabatannya di Indonesia, maka seharusnya Presiden bisa menemukan serta mencari jawaban dari semua persoalan itu. Presiden bisa mengerahkan orang-orang terbaik yang ada di negeri ini untuk mencari jawabannya dan kemudian bahkan menggapai harapan seperti yang diinginkan Presiden itu, yakni membawa tim nasional Indonesia tampil di panggung sepak bola dunia.
Indonesia sebenarnya pernah tampil di ajang Piala Dunia 1938.Dan setelah kita merdeka, sepak bola Indonesia pernah disegani setidaknya di Asia. Bintang-bintang sepak bola kita seperti Ramang, Djamiat Dhalhar, Kwee Kiat Sek, Tan Liong Houw hingga kemudian generasi Soetjipto Soentoro, Waskito, Iswadi Idris, Abdul Kadir malang melintang di kompetisi mancanegara. Iswadi pernah bermain di Australia, sementara Abdul Kadir dan Risdianto pernah bermain di Liga Hongkong.
Kalau dulu kita begitu berjaya, tetapi kemudian sepak bola kita terpuruk seperti sekarang, berarti ada yang salah dengan pembinaan sepak bola kita.
sumber foto: detikNews

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Hhmm...
Menurut saya PSSI hanya sebuah asosiasi yang menaungi timnas indonesia. Tentu sangat erat sekali hubungannya. Sok cari geura di wikipedia. semua timnas negara ada nama asosiasinya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...