Selasa, Mei 31, 2011

Perempuan Jangan Coba Coba Merokok: Kalau Sudah Ketagihan, Susah Menghentikannya

http://bblmedia.com
Bagi perempuan yang belum pernah merokok namun ingin tahu bagaimana rasanya. Sebaiknya anda lupakan keingian tersebut. Menghentikan kebiasaan merokok tidak mudah, sehingga lebih baik tidak pernah mencobanya.

Dibandingkan laki-laki, rata-rata perempuan lebih sulit untuk berhenti merokok meski kadang motivasinya lebih kuat. Sebuah penelitian terbaru di Inggris menunjukkan, walaupun perempuan yang merokok umumnya sukses menghentikan kebiasaannya saat mengetahui dirinya hamil. Namun tak seberapa lama setelah melahirkan, banyak yang kembali menghisap rokok seperti semula.

Dalam penelitian yang dilakukan antara tahun 1990 hingga 2007 tersebut terungkap, tingkat keberhasilan laki-lakidalam mengatasi kecanduan rokok lebih tinggi dari perempuan. Padahal berdasarkan pengisian kuisioner, perempuan rata-rata memiliki motiviasi yang lebih kuat.

Selain jenis kelamin, tingkat kesuksesan menghentikan kebiasaan merokok juga dipengaruhi oleh usia. Dikutip detikHealth dari DailyMail, Selasa (31/5/2011), perokok laki-laki maupun perempuan yang lebih tua lebih banyak yang sukses dibandingkan yang usianya masih muda.

Menurut penelitian yang dilakukan para ahli dari UK Centre for Tobacco Control Studies (UKCTCS) ini, orang-orang yang sulit berhenti merokok butuh intervensi berupa program pendampingan. Perokok di Inggris cukup beruntung karena pemerintah setempat menyediakan layanan semacam itu.

Namun karena ada banyak faktor yang mempengaruhi termasuk jenis kelamin dan tempat tinggal, butuh beberapa penyesuaian untuk meningkatkan tingkat kesuksesannya. Misalnya untuk ibu hamil, sebaiknya didampingi bidan yang dilatih khusus untuk menjauhkannya dari rokok.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...