Sabtu, Mei 28, 2011

Kreatifnya Indonesia : Deklarasi Keselamatan Jalan 2011-2010

www.facebook.com/roadsafetydecade
Indonesia menargetkan angka kecelakaan lalu lintas angkutan jalan pada 2020 menurun sekitar 50 persen dari kondisi saat ini.

Hal tersebut sejalan dengan program Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) "Dacade of Action for Road Safety 2011-2020 : Time For Action" yang akan diluncurkan pada 11 Mei 2011 dan merupakan tindak lanjut dari resolusi PBB no. 64/255 tanggal 2 Maret 2010.

Resolusi ini berawal dari keprihatinan Badan Kesehatan PBB, WHO pada 2004 yang melaporkan bahwa 1,3 juta orang menjadi korban meninggal dunia setiap tahunnya akibat kecelakaan lalu lintas di jalan. Jika tak ada aksi apa pun, maka pada 2010 diperkirakan akan meningkat menjadi 1,9 juta.

Di Indonesia, data Polri 2010 menyebutkan, angka kematian di jalan akibat kecelakaan lalu lintas di jalan sebesar 31.186 jiwa atau rata-rata 84 orang tewas di jalan per hari atau 3-4 orang meninggal setiap jamnya (Hotma Simanjutak, Republika 10/05/2011)
jepret-jakarta.blogspot.com

Sebuah simbol berbentuk belah ketupat bertuliskan Dacade of Action for Road Safety 2011-2020 diusung sebagai bagian dari deklarasi tersebut. Berbagai negara di dunia yang mendukung deklarasi ini turut mengusung simbol ini secara utuh (lihat http://www.decadeofaction.org/).

Indonesia sebagai salah satu negara yang juga ikut menyetujui deklarasi ini telah bertindak secara kreatif. Sebuah bilboard besar di daerah Pancoran Jakarta, terpampang gambar yang mirip dengan simbol tersebut, hanya saja  terdapat tambahan gambar bendera Indonesia dengan tulisan dalam bahasa Indonesia : AKSI KESELAMATAN JALAN INDONESIA 2011-2020 dan tulisan SAATNYA BERTINDAK ditengahnya.

Semoga kreatifitas itu tidak hanya terjadi pada cara 'melokalkan' simbol. Tetapi juga dalam mengimplementasikan upaya penekanan terjadinya kecelakaan lalu lintas angkutan jalan bersama dengan semua stakeholder, hingga tingkat kecelakaan bisa benar benar diturunkan serendah-rendahnya.

Dua buah video di bawah ini mudah-mudahan dapat membuat anda menjadi berhati hati dalam berlalu lintas di jalan raya.



# T: Loh kok video keselamatan kereta api???? bukan ini lagi cerita masalah keselamatan jalan raya?
# J: Ya gak papa lah, setidaknya pesannya sama! :p



# T: Ini apa lagi? g ada kecelakaan kok, aman-aman aja!
# J: Ngingetin aja supaya alat/sarana keselamatan PENTING digunakan secara benar. Masih banyak loh! yang belum menyadarinya. 

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...