Minggu, Agustus 07, 2011

Atur Rute Perjalanan Anda Dengan Bantuan Real-Time Traffic Dari Google Maps

Kini pengguna internet dan smartphone dapat memantau kepadatan lalu-lintas kota melalui Google Maps. Dan asiknya, feature ini dapat diakses secara cuma-cuma alias gratis, pengguna goolge maps hanya cukup mengaktifkan / mencentang layer Traffic dalam situs Google Maps di http://maps.google.co.id atau aplikasi google maps untuk smartphone.

Yang dimaksud gratis dalam hal ini adalah penggunaan sofwarenya, mengenai akses datanya atau pulsa telpon sebaiknya cari tahu lagi. Namun demikian, bagi pengguna BlackBerry Internet Service (BIS), saya sendiri telah mencoba langsung aplikasi ini tidak mengurangi pulsa sedikit pun.

Google Maps versi web (Chip.co.id)
Buat masyarakat Jakarta layer lalu-lintas dalam Google Maps tentu merupakan sebuah feature berguna dalam membantu mengatur rute perjalanan. Google Maps akan memberi informasi langsung tentang kemacetan jalan di Jakarta secara grafis. Informasi traffic yang dihadirkan diwakilkan dengan beberapa warna dengan urutan hijau, kuning, merah dan merah-hitam yang menunjukan jalur lalu lintas longgar hingga yang paling padat.

Menurut Chip.co.id (23/6/2011) informasi lalu-lintas dalam Google Maps berasal dari penyedia data PT Neo Fusion Indonesia dan dilengkapi oleh data "khalayak" (crowdsourced) dari para pengendara yang dapat memberi informasi mengenai kondisi lalu-lintas saat ini dengan menyetel ponsel mereka agar dapat memberikan data secara anonim. Google Maps pada platform mobile akan bekerja secara akurat saat GPS diaktifkan, dan saat fitur My Location dihidupkan, informasi ini akan mengirim balik ke server Google mengenai seberapa cepat perangkat itu bergerak. Saat digabungkan dengan data anonim dari perangkat-perangkat lain dengan kemampuan serupa, ini membantu Google Maps menciptakan gambar yang lebih baik mengenai kondisi lalu-lintas.

google-latlong.blogspot.com
Fitur traffic juga memungkinkan pengguna melihat perkiraan kondisi lalu lintas pada waktu yang berbeda, dan pada hari-hari lain pada minggu yang sama berdasarkan data historis. Jadi jika anda suka  beralasan terlambat kerja kerena macet anda harus hati-hati mungkin saja bos anda sudah memantau info traffic dari google map dan bisa mengetahui apakah anda berkata benar atau bohong.

Ha ha ha . . . :D

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...