Sabtu, Agustus 06, 2011

Cara Ekstrim Menertibkan Kota

Parkir sembarangan di jalur khusus sepeda, bersiap-siaplah kendaraan anda dilindas hancur oleh tank. Inilah dilakukan oleh Wali Kota Vilnius, Lituania. Dengan mengendarai sebuah panser pengangkut pasukan tipe BTR delapan roda, ia melaju di depan sebuah sedan Mercedes W140 yang diparkir di jalur khusus sepeda, dan lantas menggilasnya. Akibat aksi gilas itu, atap Mercedes W140 tersebut remuk, atapnya ambles ke dalam dan bingkai kaca depan-belakang pun terlepas dari badannya.

"Ini yang akan terjadi kalau mobil Anda diparkir sembarangan. Bukan berarti Anda orang kaya dan punya mobil mewah lantas bisa parkir seenaknya," ancam Arturas Zuokas, Wali Kota itu, seperti dikutip Kompas (2/8/2011).

Peristiwa ini merupakan bagian dari sebuah kampanye penertiban parkir kendaraan, karena banyak pemilik mobil di kota tersebut kerap mengabaikan area dan memilih parkir sembarangan, termasuk di jalur khusus sepeda. Dan kebanyakan dari pelanggar adalah pemilik mobil mewah semacam Bentley, seperti juga terlihat dalam video.

Berlebihan? Mungkin iya, bisa saja itu cuma adegan yang diskenario untuk iklan layanan masyarakat. Namun hal ini bertujuan untuk menyadarkan kepada setiap pengguna jalan raya untuk selalu taat dan mematuhi aturan lalu lintas, termasuk dalam hal parkir kendaraan.

Haruskah metode seperti ini yang perlu dilakukan jika mau memberi peringatan kepada "orang-orang bebal" di zaman sekarang?

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...