Minggu, September 26, 2010

The Vantix Sensor, Tes Narkoba Kini Semudah Tes Kehamilan

Selama ini tes narkoba harus dilakukan dengan prosedur rumit dengan mengirimkan sampel urine ke laboratorium. Itupun masih harus menunggu paling tidak hingga hari berikutnya untuk bisa mengetahui hasilnya. Dengan The Vantix Sensor test bisa dilakukan dengan mudah dan dapatkan hasilnya hanya dalam waktu 5 menit saja.

Sebagaimana detikHealth meneruskan berita dari Daily Mail, alat ini dikembangkan oleh ilmuwan Inggris untuk membuat tes narkoba menjadi sangat praktis. Caranya cukup dengan mengusapkan di lidah, untuk mendapatkan sampel air liur seseorang yang dicurigai. Sensor berukuran 5 mm yang berada di ujung alat sekali pakai ini akan segera mendeteksi obat terlarang. Sensor tersebut berisi antibodi yang akan bereaksi saat menemukan unsur kimia tertentu misalnya tetrahydrocannabinol (THC) pada ganja.

Reaksi tersebut akan menghasilkan air listrik yang dialirkan ke bagian utama Vantix Sensor. Saat kadar unsur kimia tersebut melewati batas tertentu, arus listrik akan menyebabkan lampu indikator berkedip.

Alat ini juga bisa digunakan oleh polisi lalu lintas. Selama ini polisi Inggris hanya menggunakan prosedur sederhana untuk membuktikan pengendara yang dicurigai menggunakan obat terlarang sehingga hasilnya kurang akurat. Di antaranya dengan memeriksa pupil mata, keseimbangan dan koordinasi gerak.

Sayangnya Vantix Sensor belum dijual dalam waktu dekat ini. Disampaikan oleh Dailymail, Rabu (22/9/2010), alat ini baru akan dipasarkan 2 tahun mendatang dengan harga sangat terjangkau yakni 1,50 poundsterling atau sekitar Rp 21 ribu.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...