Minggu, September 19, 2010

Dapat Seorang Pacar = Hilang 2 Orang Sahabat

Ada-ada saja , Tim peneliti dari Oxford menemukan bahwa biasanya lingkaran sahabat karib, kebanyakan terdiri dari lima orang, akan  berkurang hingga tinggal 3, ketika seorang kekasih mulai mendominasi hari-hari Anda.

Sebagaimana dilansir oleh ANTARA News (16-9-2010), para peneliti dari Oxford University, Inggris, bertanya kepada beberapa responden tentang persahabatan mereka di lingkaran yang paling akrab dan kemudian bagaimana hubungan itu berubah ketika hubungan asmara mulai mengambil alih.

"Orang-orang yang sedang terlibat dalam hubungan asmara, alih-alih memiliki lima sahabat karib seperti biasanya, mereka justru hanya punya empat teman akrab (termasuk sang kekasih)," kata Robin Dunbar, professor di bidang evolusi antropologi di Oxford University.

"Dan jika yang terjadi adalah Anda memiliki pacar baru maka artinya Anda harus rela kehilangan dua sahabat lagi," lanjut Dunbar yang penelitiannya dimuat jurnal Personal Relationship.

Professor Dunbar dan timnya melakukan riset pada jejaring sosial dan meneliti cara orang-orang mengelola ukuran dan komposisi hubungan persahabatan.

Dalam penelitian teranyar, Dunbar dan timnya menanyai 540 responden, berusia 18 tahun ke atas, tentang hubungan mereka dan rusaknya hubungan itu ketika sebuah hubungan asmara dimulai.

Hasilnya menegaskan pandangan umum bahwa cinta akan membuat jaringan persahabatan semakin sedikit. Seorang anggota keluarga dan seorang teman harus tersingkir dan tempat mereka diisi kekasih baru.

"Keintiman hubungan, keterlibatan emosi di dalamnya, terkait sangat erat dengan frekuensi interaksi dengan orang-orang tersebut," jelas Dunbar.

"Jika Anda tidak bertemu dengan orang lain maka hubungan emosi Anda dengan mereka akan berkurang dengan cepat," Dunbar melanjutkan.

"Yang terjadi adalah semua perhatian Anda terfokus pada sang kekasih sehingga Anda tidak lagi sempat bertemu dengan sahabat. Karenanya, hubungan itu mulai rusak dan kualitasnya menurun ke lapisan berikutnya," pungkas Professor Dunbar.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...