Kamis, September 09, 2010

Minal Aidin Wal Faizin : Ucapan Idul Fitri Khas Indonesia

"Minal Aidin Wal Faizin - Mohon Maaf Lahir dan Batin", sebuah rangkai kalimat yang sering kita dengar dan ucapkan pada hari raya Idul Fitri. Ternyata ucapan "Minal Aidin Wal Faizin" yang terdengar dan berasal dari untaian kata bahasa arab hanya khas dikenal di Indonesia saja! Frase tersebut ternyata tidak dikenal dalam budaya Arab.

Apakah "Minal Aidin Wal Faizin" memiliki arti kata "Mohon Maaf Lahir dan Batin"? Qaris Tajudin dalam buku berjudul “Bahasa!” terbitan TEMPO, di halaman 177 mengungkapkan bahwa memang frasa Minal Aidin Wal Faizin “berasal dari bahasa Arab, bahasa yang banyak menyumbang istilah keagamaan di Indonesia, baik agama Islam maupun Kristen.” Qaris mengatakan bahwa selain tidak dikenal dalam budaya Arab, frasa Minal Aidin Wal Faizin juga hanya dapat dimengerti oleh orang Indonesia. Frasa ini bisa ditemui dalam kamus bahasa Indonesia, tapi tidak ditemukan dalam kamus bahasa Arab, kecuali dalam lema kata per kata.

Dalam sebuah artikel Wikimu, Agussyafii menyampaikan pendapat yang agak berbeda. Kalimat minal `a'idin adalah kependekan dari do'a Allohumma 'ij`alna minal `a'idin waj`alna minal fa'izin, artinya, Ya Alloh setelah berpuasa ini, jadikanlah kami termasuk orang yang bisa kembali (ke fitrah kami) dan sukses.

Jadi, "Minal Aidin Wal Faizin" merupakan ungkapan budaya lokal Indonesia yang diyakini sudah cukup lama berkembang di masyarakat.

Penggunaan kalimat "Minal Aidin Wal Faizin" yang lebih sesuai dengan makna yang seharusnya adalah sebagai kalimat penutup ucapan yang lebih lengkap di akhir bulan puasa: "taqabbalallahu minna wa minkum wa ja’alanallahu minal ‘aidin wal faizin" yang artinya "Semoga Allah menerima amalan-amalan yang telah saya dan anda kerjakan dan semoga Allah menjadikan kita termasuk orang-orang yang kembali kepada fitrah dan orang-orang yang mendapatkan kemenangan".

Ya..! Semoga Allah menerima amal ibadah kita dan menjadikan kita sebagai mahkluk fitrah selalu berada dalam ridha dan perlindunganNya. Amin.

Dan sebagai orang Indonesia izin kan saya (dan keluarga) mengucapkan:

Minal Aidin Wal Faizin 

Selamat Idul Fitri 1431 H

Mohon Maaf Lahir dan Batin

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...