Selasa, Mei 22, 2012

Apresisasi untuk Tim SAR Sukhoi Super Jet 100

Musibah memang tidak pernah diinginkan oleh siapa saja, namun bila Tuhan Yang Kuasa berkehendak hal tersebut bisa terjadi kapan pun dan kepada siapa saja.

Seperti halnya kecelakaan yang terjadi pada Pesawat Sukhoi Super Jet 100 di Gunung Salak Jawa Barat pada 9 Mei 2012 lalu. Pesawat yang membawa 45 orang termasuk pilot dan pramugari tersebut hancur menabarak lereng gunung dan tak menyisakan satupun korban yang selamat dari kejadian tersebut.

Misi evakuasi terhadap korban kecelakaan tersebutpun dilakukan. Operasi pencarian dan evakuasi korban kecelakaan pesawat Sukho Super Jet 100 melibatkan hampir 2.000 orang yang bersal dari sejumlah unsur, mereka diantaranya dari TNI terdiri dari Yonif Garuda 315, Yonif328, Yonif 310, Armed 13, Yonif 23, Marinir, Korem 061/Suryakancan, Kopasus, Paskas, Atang Sandjaya. Dari unsur Polisi terdiri dari Brimob, Polres Kabupaten Bogor, Polres Sukabumi, Poresta Bogor, DVI, Satuan II Pelopor, Koramil. Sementara dari unsur relawan dari PPM, Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, relawan IPB, mapala UI, relawan UIKA, Federasi Panjat Terbing Indonsia, Aksi Reaksi Cepat (ACT), PMI, dan masih banyak lagi (Republika, 18/05/2012).

Kondisi medan yang berupa lereng curam dengan kemiringan mendekati 90 derajat di tengah hutan Gunung Salak menjadi tantangan berat bagi Tim dalam misi tersebut. Jarak perjalan dari posko terdekat ke lokasi sekitar 10 jam harus ditempuh dengan berjalan kaki, kesulitan tersebut masih ditambahn dengan kondisi cuaca yang seringkali berkabut atau pun hujan.

Akhirnya dalam waktu 10 hari Misi Evakuasi dinyatakan selesai, dan hasilnya keseluruhan 45 korban berhasil diidentifikasi oleh petugas Disaster Victim Indonesia (DVI) (detik.com 20/05/2012). Serta benda penting yang merekam aktifitas pesawat yaitu black box juga berhasil ditemukan. Ini adalah hasil dari kerja keras yang pantas untuk diapresiasi setinggi-tingginya.


Kepada kepada keluarga korban, semoga diberikan kekuatan dan ketabahan atas cobaan berat ini.
sumber gambar: www.kaskus.us

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...