Selasa, Desember 17, 2013

Tertolong Regulasi: Timnas U23 Lolos ke Semi-Final Sea Games 2013

www.goal.com
Di luar dugaan, Tim nasional Indonesia melangkah ke semifinal cabang sepak bola SEA Games 2013 seusai mengalahkan Myanmar 1-0 pada matchday keempat Grup B cabang sepak bola SEA Games di Stadion Thuwunna, Yangon, Senin (16/12/2013).

Seperti diketahui, sebelum laga melawan Myanmar, Indonesia saat berada di urutan ketiga klasemen Grup B dengan koleksi empat poin dari tiga laga dan selisih gol minus 2 (2 - 4) gol. Sementara itu, Myanmar ada di posisi kedua dengan mengoleksi tujuh poin dan selisih gol surplus 5 gol (7-2) dan Thailand pada posisi pertama dengan mengoleksi tujuh poin dan selisih gol surplus 5 gol (8 - 3).

Keadaan yang demikian membuat banyak pihak menganggap peluang Timnas U23 Indonesia sudah hilang, lantaran harus mengejar margin selisih gol yang sangat jauh untuk melaju ke semi-final.

Akan tetapi, anggapan itu ternyata tidak tepat sebagaimana regulasi Sea Games yang disampaikan oleh pihak perwakilan Konfederasi sepakbola Asia bahwa jika dua tim mempunyai nilai yang sama, maka penentuan lolos ditentukan dari rekor head to head antar kedua tim itu bukan selisih gol.

Dengan demikian kemenangan skuat Garuda 1 - 0 dari Myanmar tadi malam cukup untuk mengantarkan tim melangkah ke babak empat besar.

Raihan tiga poin ini membuat Indonesia menjadi runner-up grup B dengan poin tujuh, kalah satu angka dari Thailand di puncak yang bermain imbang saat melawan Kamboja. Meski memiliki poin sama dengan Myanmar, Indonesia lolos ke empat besar berkat keunggulan head to head atas tuan rumah.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...