Senin, November 12, 2012

Palang Pintu: (Adat Betawi) Menyambut Pengantin Laki-Laki Menjelang Naik Pelaminan

alonrider.wordpress.com

Tabuhan rebana mengalun berirama seolah memberitahu semua orang, akan ada hajatan besar. Iring-iringan pembawa seserahan pun tampak ceria sembari menenteng roti buaya, buah-buahan, serta berbagai benda permintaan calon mempelai wanita. Di depan, seorang pria dengan busana adat Betawi berjalan didampingi jawara kampung.

Rombongan tersebut hendak ke kampung seberang, melamar anak gadis orang.

Sayangnya, begitu tiba di rumah calon besan, bukan sambutan manis yang didapat melainkan jagoan "Palang Pintu" yang menantang adu jotos.

"Kembang berduri banyak racunnye, abang kemari apa tujuannye?" celetuk si jagoan palang pintu. Duh...!!!

Berbalas pantun pun dimulai, hanya untuk menyampaikan maksud kedatangan pihak laki-laki, melamar. "Dari Pejaten ke Tebet Dalem, pulangnye lu beliin kain. Ini penganten yang udah ngebet siang dan malem, pengen buru-buru, cepet dinikahin," sahut jawara kampung seberang.

Ujung-ujungnya, tuan rumah meminta beberapa syarat sebelum menerima masuk calon mempelai pria ke rumah. Syarat yang dimaksud di antaranya mengalahkan jagoan palang pintu. "Eh... Bang jangan lo anggap enteng naek ke pelaminan, hadepin dulu ni... jagoan palang pintu nomor atu (satu)" ucap si jagoan palang pintu.

"Jangankan palang pintu, palang kereta juga ane buka!" Jawab jawara dari rombongan mempelai pria.

Di sini pertunjukan menjadi agak ngeri. Jawara kampung seberang mesti adu silat khas Betawi dengan jagoan palang pintu, tentu saja tetap dengan disisipi berpantun. Hingga akhirnya, pertarungan menggunakan golok pun terjadi.

Singkat cerita, pihak palang pintu kalah. Usai memenangi pertarungan, pengantin perempuan meminta pihak lelaki untuk menunjukan kemampuannya dalam membaca Al Quran. Dan sudah pasti lagi, ujian ini pun mampu dilewatinya. Bila tidak, maka pernikahan tidak akan berlangsung.

Tradisi buka palang pintu merupakan salah satu budaya Betawi yang tetap terjaga hingga saat ini.

Sebagai bentuk pelestariannya, komunitas Betawi se-Jakarta didukung oleh Pemerintah, menggelar acara rutin tahunan, yaitu Festival Palang Pintu yang sudah beberapa kali diadakan di daerah Kemang, Jakarta Selatan.

Link:
Nonton Langsung Adat Betawi "Palang Pintu" [Video]
Ondel - ondel
Tanjidor
Wisata Kota Tua Jakarta 


Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...