Sabtu, November 06, 2010

PBB: Pembangunan Manusia di Indonesia Peringkat 108

Pembangunan Manusia di Indonesia menempati peringkat 108 Dunia dalam "Human Development Report 2010" yang diterbitkan oleh Badan PBB untuk Program Pembangunan (UNDP), Kamis 4 November 2010. Laporan tahunan itu memberikan peringkat Indeks Pembangunan Manusia (Human Development Index / HDI) kepada 169 negara yang disurvei.

Menurut laporan tahunan yang dimuat di laman UNDP, Indonesia menempati peringkat 108 dengan skor HDI 0,600 yang dinilai berdasarkan tingkat kekayaan, kemiskinan, kesehatan, keseteraan jender, kebebasan ekonomi dan pendidikan. Skor yang diraih Indonesia pada tahun ini sedikit lebih baik dari laporan 2009, yaitu 0,593. Tingkat harapan hidup di Indonesia, menurut laporan itu, rata-rata sebesar 71,5 tahun dan penghasilan nasional bruto per kapita sebesar US$3,957.

Dengan demikian, Indonesia termasuk dalam daftar 43 negara berkatagori "Menengah." Indonesia pun termasuk dalam sepuluh besar negara yang mengalami peningkatkan kualitas hidup secara mengagumkan dalam 40 tahun terakhir berdasarkan perhitungan HDI.

Dilansir oleh VIVAnews (5-11-2010), Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon mengatakan "Laporan Pembangunan Manusia ini telah mengubah cara pandang kita mengenai dunia,". "Kami menyadari kendati pertumbuhan ekonomi sangat penting, namun yang paling penting adalah menggunakan pendapatan nasional untuk memberi rakyat peluang untuk hidup lebih lama, lebih sehat, dan lebih produktif," lanjut Ban.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...