Kamis, November 18, 2010

Indonesia Raksasa Ekonomi Dunia

Dalam laporan terbaru Standard Chartered Research yang berjudul "The Super-Cycle Report" pada 15 November 2010, bank terkemuka itu menilai dunia tengah berada dalam sebuah kelanjutan periode waktu dari pertumbuhan ekonomi tinggi.

Negara-negara berkembang akan menjadi pendorong utama pertumbuhan, bahkan akan dapat melampaui negara maju. Akibatnya, keseimbangan kekuatan global ekonomi akan bergeser tegas dari Barat ke Timur. "Asia akan mendorong sebagian besar dari pertumbuhan global selama 20 tahun ke depan," kata Stanchart.

Salah satu negara berkembang yang akan dapat melampaui pertumbuhan ekonomi negara maju adalah Indonesia. Sepuluh tahun mendatang, Indonesia akan masuk urutan kesepuluh dunia dengan total PDB US$3,2 triliun. Tidak hanya itu pada satu dekade berikutnya atau 2030, Indonesia akan berada di posisi kelima dunia dengan produk domestik bruto US$9,3 triliun setingkat di atas Jepang di urutan keenam dengan PDB US$8,4 triliun.

Hasil laporan tersebut memunculkan sebuah pertanyaan, suatu keraguan apakah Indonesia akan tumbuh sebagai calon kekuatan ekonomi dunia?

Standard Chartered tentu tidak sembarangan membuat laporan tersebut, tetapi berdasarkan data pertumbuhan ekonomi yang telah dilalui. Dan sepatutnya menjadi suatu pengakuan bahwa "pontensi" perokonomian Indonesia untuk tumbuh bukan hal yang mustahil.

Namun kita harus menyadari, bahwa perekonomian pada kenyataanya tidak berjalan atas data atau angka-angka dalam suatu tabel saja. Perokonomian secara nyata melekat dalam aktivitas masyarakat, mulai dari lapisan paling bawah hingga tingkat atas.

Hal inilah yang harus disadari. Aktivitas perekonomian masyarakat ini, perlu didukung dengan sumber daya manusia (SDM) serta sarana dan prasarana yang memadai. Peningkatan mutu SDM dan infrastruktur dalam berbagai bidang, harus terus lakukan guna mengakomodasi pertumbuhan aktivitas ekonomi. Tentunya membangun Indonesia membutuhkan dukungan dan semangat yang  nyata  dari masyarakat Indonesia.

Ayo Indonesia!

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...