Senin, Februari 28, 2011

Apakah google.co.id 'benci' SBY (dan Roy Suryo)?

Bukalah mesin pencarian Google Indonesia, (google.co.id ) dan masukan kata kunci 'kebaikan sby' untuk pencarian (searching). Hasil pencarian sekitar pukul 01.15 WIB, Senin (28/02/2011), Google memberikan saran kata kunci (keywords) pencarian yang sepertinya cukup 'aneh'.

Saran aneh yang muncul di bawah kotak pencarian google adalah : “Mungkin maksud Anda adalah: keburukan sby”.

klik gambar untuk perbesar

Pengalaman dalam pencarian biasanya "Mbah Google" memberikan saran yang relevan seperti kata-kata yang mirip penulisan hurufnya atau koreksi atas kesalahan ketik, tapi entah mengapa khusus untuk mencari “kebaikan SBY”, Google memberikan saran aneh, yaitu antonim (lawan kata) yakni “keburukan”.


Hal ini sekarang heboh menjadi hot thread sebuah forum diskusi terbesar di Indonesia, kaskus.us. Dalam forum tersebut ada yang menyatakan hal tersebut dikarenakan setting dari Google Indonesia yang memberlakukan antonim. Dia juga menampilkan screenshot pencarian dengan kata kunci 'kebaikan roy suryo' dan mendapatkan saran pencarian yang sejenis.

klik gambar untuk perbesar

Namun penasaran berlanjut ketika mencoba searching dengan kata kunci 'kebaikan soeharto' dan 'kebaikan soekarno' tidak diperoleh saran seperti di atas. Hanya saya ketika searching dengan kata kunci 'kebaikan suharto' (dengan ejaan baru) Google langsung mengoreksi hasil pencarian dengan 'kebaikan soeharto' (dengan ejaan lama), begitu pula ketika searching dengan kata kunci 'kebaikan sukarno'.

Lalu apakah hal ini nyiratkan bahwa google.co.id 'benci' SBY (dan Roy Suryo)?

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...