Jumat, April 30, 2010

AS Perkenalkan Uang Pecahan 100 Dollar Baru 10 Bulan Sebelum Diedarkan

Departemen Keuangan AS, Dewan Gubernur Federal Reserve System dan United States Secret Service pada tanggal 21 April 2010 mengeluarkan desain baru untuk pecahan 100 dollar AS. Walau dilengkapi dengan teknologi mutakhir untuk mencegah pemalsuan, desain pecahan 100 dollar baru tetap mempertahankan penampilan tradisional dari mata uang AS.


Menteri Keuangan AS, Tim Geithner mengatakan, “Seperti dalam desain-desain mata uang AS sebelumnya, pecahan baru ini menggunakan teknologi terbaik saat ini untuk menjamin agar kami tetap unggul dari para pemalsu,”.

Ketua Federal Reserve Board, Ben S. Bernanke menyampaikan bahwa pecahan 100 dollar dengan desain ini baru akan mulai dikeluarkan pada tanggal 10 Februari 2011. Namun demikian sekitar 6.5 milyar pecahan 100 dollar dengan desain lama yang ada dalam sirkulasi masih dapat digunakan sebagai alat pembayaran yang sah. Sehingga pengguna mata uang AS harus tahu bahwa mereka tidak perlu menukarkan pecahan 100 dollar lama mereka, ketika pecahan baru mulai bersirkulasi.

Desain baru 100 dollar ini memiliki berbagai fitur-fitur keamanan, termasuk dua fitur baru yaitu Pita Keamanan Tiga Dimensi dan fitur Bell in the Inkwell. Keduanya memudahkan para konsumen dan pedagang untuk memastikan keaslian uang 100 dollar baru tersebut.

Pita Keamanan Tiga Dimensi berwarna biru di bagian depan pecahan 100 dollar baru memiliki motif bel dan angka 100 yang akan bergerak dan berubah bentuk jika Anda memiringkan lembaran uang tersebut. Sedangkan fitur Bell in the Inkwell, atau gambar bel dalam botol tinta di bagian depan 100 baru, adalah fitur keamanan baru dimana gambar bel tersebut akan berubah dari warna tembaga menjadi hijau jika Anda memiringkan lembaran uangnya. Hal ini akan membuat efek seolah-olah gambar bel itu dapat menghilang dan muncul lagi dalam botol tintanya.

“Fitur-fitur keamanan baru yang diumumkan hari ini adalah hasil dari penelitian dan pengembangan selama satu dekade untuk melindungi mata uang kita dari pemalsuan. Untuk menjamin proses pengenalan yang mulus dari pecahan 100 dollar ini dalam sistem keuangan dunia, kami akan mengadakan program pendidikan publik secara global agar para pengguna mata uang AS dapat mengenali fitur-fitur keamanan baru ini,” kata Bendahara Pemerintah AS, Rosie Rios.

“Selama 145 tahun, para pria dan wanita di United States Secret Service telah berkerja keras untuk melindungi integritas mata uang AS dari para pemalsu,” kata Direktur Secret Service Mark Sullivan. “Selama periode itu, agensi kami terus berkembang untuk menghadapi metode-metode canggih yang digunakan oleh para kriminal yang kami buru. Yang tidak pernah berubah dalam memerangi pemalsuan adalah betapa efektifnya inisiatif untuk mendidik para konsumen dan pedagang agar dapat memeriksa dan mengenali fitur-fitur keamanan dari lembaran uang yang mereka terima.”

"Pecahan uang kertas 100 dollar ini merupakan nilai denominasi tertinggi yang kita keluarkan, dan tersebar luas di seluruh dunia," kata Michael Lambert, Asisten Direktur Urusan Kas di Federal Reserve Board.

"Fitur-fitur keamanan canggih yang kami sertakan pada pecahan uang kertas 100 dollar baru ini akan menghalangi pemalsu potensial dari memproduksi uang palsu berkualitas tinggi yang dapat menyesatkan konsumen dan pedagang," kata Larry R. Felix, Direktur Biro Pengukiran dan Percetakan Departemen Keuangan. "Lindungi diri Anda – hanya butuh beberapa detik untuk memeriksa keaslian pecahan uang kertas 100 dollar baru tersebut."

Desain baru pecahan uang kertas 100 dollar ini tetap mengandung tiga fitur keamanan yang efektif dari desain sebelumnya: gambar tembus pandang (tanda air) yang menampilkan wajah Benjamin Franklin, benang pengaman, dan gambar gradiasi angka 100. Pecahan uang kertas 100 dollar baru ini juga menampilkan simbol kebebasan Amerika, diantaranya kutipan dari Deklarasi Kemerdekaan dan pena bulu yang digunakan para Bapak Bangsa AS untuk menandatangani dokumen bersejarah tersebut. Keduanya terletak di sebelah kanan potret di bagian depan uang kertas.

Bagian belakang uang kertas memuat tampilan baru dari Independence Hall, di mana yang ditampilkan adalah sisi belakang dan bukan sisi depan bangunan tersebut. Baik gambar di bagian belakang uang kertas maupun potret di bagian depan telah diperbesar, dan bentuk oval yang sebelumnya menyertai kedua gambar telah dihilangkan.


http://jakarta.usembassy.gov/bhs/siaran-pers/Apr10/newnote_id.html

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...