Senin, Oktober 12, 2009

Lebih dari 50 % Perusahaan di Amerika blokir situs Facebook

Menurut survei Robert Half Technology yang berbasis di California, pada lebih dari 1.400 perusahaan yang dilakukan oleh lembaga penelitian independen, lebih dari separuh (54 persen) perusahaan-perusahaan di Amerika Serikat (AS) melakukan blokir terhadap situs-situs jejaring sosial, seperti Facebook dan Twitter, saat sedang bekerja. Hal tersebut disampaikan melalui Press Release yang dipublikasikan pada tanggal 6 Oktober 2009 lalu.

Ketika humas (chief information officers (CIOs)) dari masing-masing perusahaan di Amerika diajukan petanyaan:
Which of the following most closely describes your company’s policy on visiting social networking sites, such as Facebook, MySpace and Twitter, while at work?
Respon mereka adalah sebagai berikut:

Prohibited completely
54%
Permitted for business purposes only
19%
Permitted for limited personal use
16%
Permitted for any type of personal use
10%
Don't know/no answer
1%

100%

Sebenarnya tidaklah mengherankan apabila pengambil keputusan pada suatu perusahaan melarang penggunaan website jejaring sosial. Seperti dikutip dari laman digital Chip Indonesia, Menurut hasil studi yang dilakukan oleh Nucleus (perusahaan yang bergerak dalam bidang penelitan dunia TI), perusahaan yang mengijinkan karyawannya untuk mengakses Facebook, mengalami penurunan produktivitas hingga 1.5 persen. Selain itu, ternyata para karyawan menghabiskan waktu hingga 2 jam dalam mengakses Facebook.

Menurut Dave Willmer (VIVAnews), direktur eksekutif Robert Half Technology, mengatakan, penggunakan situs jejaring sosial bisa memecahkan konsentrasi pegawai dari tugas utama mereka, sehingga dapat dimengerti mengapa banyak perusahaan membatasi akses pegawai ke situs-situs tersebut. "Namun bagi beberapa profesi, situs-situs ini bisa menjadi alat bisnis yang efektif. Karena itu, satu dari lima perusahaan mengizinkan pegawainya mengakses situs-situs itu untuk sesuatu yang berkaitan dengan pekerjaan," ujar dia.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...